10 Tips Perawatan Ban Mobil Untuk Persiapan Mudik Lebaran 2015

10 Tips Perawatan Ban Mobil Untuk Persiapan Mudik Lebaran 2015

Kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun sepeda motor, masih menjadi moda favorit yang digunakan para pemudik untuk pulang kampung pada lebaran 2015 ini.

Tidak saja mereka yang mudik dari Jakarta menuju ke kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah,Yogyakarta dan Jawa timur, para pemudik yang menuju ke beberapa kota di luar pulau Jawa termasuk Sumatera pun tidak ketinggalan memanfaatkan mobil dan sepeda motor untuk keperluan mudik.

Banyak faktor yang menyebabkan masyarakat memilih menggunakan mobil dan sepeda motor untuk mudik. Faktor tersebut antara lain mahalnya harga tiket pesawat dan bus AKAP, sulitnya memperoleh tiket kereta api dan tiket kapal laut serta keruwetan lainya dalam membeli tiket.

10 tips perawatan ban mobil untuk persiapan mudik lebaran 2015

Berikut 10 tips perawatan ban mobil buat kamu yang mau mudik menggunakan kendaraan pribadi khususnya mobil:

1. Periksa ban mobil termasuk ban cadangan (ban serep) sebelum persiapan untuk mudik,

2. Biasakan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil kamu, paling sedikit sekali sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ia mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal. Ini mengakibatkan ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi. Jangan menunggu hingga ban rusak!

3. Kamu harus hapal dengan tekanan yang proporsional dari ban mobil mu. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan kamu, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.

4. Untuk pengukuran yang valid terhadap tekanan ban mobil kamu, periksalah saat suhunya dingin. Jika mobil kamu habis menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih tiga jam.

5. Jagalah agar ukuran tekanan ban mobil kamu selalu pada batasan yang proporsional. Sehingga mobil kamu siap untuk digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

6. Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil kamu sudah gundul. Selipkan uang koin di antara ‘bunga’ ban mobil kamu. Jika kamu bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya untuk ganti ban.

7. Jagalah ban mobil kamu dari lubang di jalan. Sebab lubang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.

8. Buatlah jadwal. Pastikan kamu menukar ban mobil bagian depan dengan yang di belakang, begitu pula sebaliknya, pada tiap 6000 mil. Ini dapat menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.

9. Jangan mengendarai mobil dengan ban yang tanpa penutup pentilnya. Mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.

10. Periksalah keseimbangan atau balance dari ban mobil kamu secara periodik.

Demikian 10 tips perawatan ban mobil untuk persiapan mudik di tahun 2015 ini. Semoga bermanfaat!*

Comments

About author

You might also like

Artikel

Ini Dia Pemegang Rekor Onani Sejak 2008 !

Lomba Marathon, lomba senam? Mungkin tidak terdengar aneh. Pernah terbayangkan jika onani dilombakan?

Artikel

Lupakan Cerita Superhero Dan Lihatlah Atraksi Debus

Penikmat film-film Superhero ? Daripada berkhayal, mendingan berkunjung saja ke Banten dan saksikan pertunjukan Debus.

Artikel

Bicara Soal Seks, Kamasutra Jawa Ini Jauh lebih Dahsyat

Bagi pembaca membicarakan “Kamasutra” mungkin tidaklah aneh. Namun, bicara soal seks, Kamasutra Jawa dalam Serat Centhini ternyata lebih dahsyat.