5 Tujuan Wisata di Yogyakarta (2)

5 Tujuan Wisata di Yogyakarta (2)

Kerajinan Wayang Kulit, salah satu cinderamata Yogyakarta

Kerajinan Wayang Kulit, salah satu cinderamata Yogyakarta

 

Cinderamata
Banyak sekali barang-barang souvenir atau cinderamata etnik Yogyakarta yang sering diburu pengunung, yakni perak di Kota Gede.Dengan biaya yang terjangkau dan beraneka ragam model dengan kualitas terjamin, menjadikan Kota Gede pusat tujuan cinderamata.Selain perak, bisa juga mencari wayang kulit, topeng batik hingga keramik-keramik, semua itu tersedia di pusat-pusatArtshop di Malioboro atau langsung berkunjung ke Sentra Industri Kasongan.

Tempat Hang out
Wisata malam tentu semakin menarik jika kita mengetahui di mana tempat nongkrong yang asyik. Ada beberapatempat hangout yang sering dijadikan tempat berkumpulnya para seniman Jogyakarta, misalnya Rumah Bu Ageng, milik Butet Kertaradjasa di wilayahTirtodipuran, Prawirotaman, atau di Café nya milik Raminten, di daerah Kota Baru, atau café-café yang tersebar di sekitaran kota Yogyakarta tempat nongkrongnya anak-anak muda Yogyakarta. Jika ingin merasakan suasana angkringan, Anda juga dapat bergabung di Jalan Mangkubumi, depan Kantor Harian Kedaulatan Rakyat, dijamin akan merasakan sensasi baru menghirup suasana malam di Yogyakarta ditemani lezatnya makanan rakyat.
Namun jika ingin merasakan menu raja-raja Jawa, kunjungilah rumah makan Bale Raos di Kompleks Keraton Yogyakarta. Dengan suasana kental keraton, semua menu favorit para raja Mataram pun dapat dicicipi. Disajikan seperti layaknya kita para tamu Kerajaan, dengan suasana dan alunan gending yang terus mengalun, semakin mempertegas suasana ningrat sajian Keraton Yogyakarta.

Wisata Alam dan Budaya
Nah, jika cukup waktu untuk merasakan denyut adrenalin sambil merasakan jiwa orang Yogya, cobalah berwisata alam, untuk pencinta gunung, bisa berkunjung ke puncak merapi naik kendaraan off road dari Kaliurang, melintasi arus erupsi merapi, melihat alur larva dari dekat sekaligus bertegur sapa dengan para korban erupsi. Atau pergi ke pantai untuk merasakan sensasi ikan laut segar yang langsung di masak, dapat berkunjung ke Pantai Depok, Parangtritis, Bantul atau ke arah Pantai Baron, Wonosari .jika musin durian sedang berbuah, maka perjalanan wisata alam pun dapatditujukan ke Sentral Durian di Samigaluh, KulonProgo, dijamin pasti puas.

Untuk mereka yang suka tantangan, dapat merasakan caving dan rafting di wilayahGua Kars Pindul, BejiHarjo, GunungKidul, atau arung jeram di Kali Progo, melalui Magelang, merupakan tempat yang menantang untuk dicoba oleh para petualang.Tak kalah menariknya juga wisata ke Candi Prambanan, Boko, atau ke Kraton sendiri, menjadikan tujuan wisata Anda semakin lengkap.
Nah, selain tujuan-tujuan wisata tadi, masih banyak tujuan wisata yang dapat dirasakan di Yogyakarta, yang pada intinya berlibur bukan sekedar menghamburkan uang, tetapi menghibur hidup dikala kita kehilangan semangat dan inspirasi.

Penulis : Munawar Ahmad

Comments

About author

You might also like

Artikel 0 Comments

Olga Syahputra: Dari Lenong Bocah Hingga Layar Lebar.

Dikenal sebagai presenter dan komedian terkenal, Olga Syahputra memulai karirnya dari nol.  Berbagai karya telah diguratkan Olga dalam jagad entertainment tanah air, antara lain :   Program TV Komedi –

Lingkungan

7 Rekor Global Warming di Tahun 2014

Indikator perubahan iklim terjadi dimana-mana. Berbagai rekor terburuk global warming telah terpecahkan di tahun 2014.

Lingkungan

Di Manakah Pulau Dinosaurus Berada ?

Menemukan fosil dinosaurus bukan perkara mudah. Hewan ini sudah punah jutaan tahun lalu. Tapi bagaimana jika fosil dino berada di suatu pulau ?

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply