8 Jenis Makanan Kaya Nutrisi dan Mencegah Sakit.

8 Jenis Makanan Kaya Nutrisi dan Mencegah Sakit.

Makanan sehat (ilustrasi)

Makanan sehat (ilustrasi)

“Sehat adalah Kaya”. Kesehatan adalah anugerah, kita dapat menikmati segala hal dalam hidup selama kita sehat. Alam menyediakan berbagai jenis sumber makanan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat, dan juga terhindar dari penyakit.

Memilih makanan yang tepat adalah hal yang sangat penting, karena tidak semua jenis makanan cocok bagi tubuh kita. Jadi, cara yang tepat untuk menjaga kesehatan adalah dengan memilih makanan bernutrisi yang cocok dengan sistem tubuh kita.

Makanan alami dapat meningkatkan kekuatan tubuh, membantu menyembuhkan dari berbagai penyakit serta meningkatkan imunitas tubuh.

Berikut adalah daftar makanan dengan nutrisi tinggi yang dapat mencegah penyakit.

1. Kacang-Kacangan.
Mengandung banyak asam lemak esensial yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta berkhasiat pada kesehatan jantung. Kacang-kacangan juga membantu meningkatkan konsentrasi mental dan mengurangi peradangan. Misalnya kacang almond membantu penyerapan vitamin dalam saluran darah.

2. Kentang.
Kentang dapat menghasilkan energi yang lebih efektif dibanding nasi untuk menjalankan aktfitas. Tidak hanya mengandung karbohidrat, tapi juga kaya akan kandungan lain seperti vitamin C, B kompleks, zat besi, kalium dan magnesium.

3. Ikan Segar.
Ikan seperti salmon, tuna dan ikan kembung mengandung banyak Omega 3, selenium, magnesium, kalium dan juga protein. Jenis ikan ini bagus untuk kesehatan jantung, mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh, memperkuat tulang serta sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin B Kompleks.

4. Remis dan Tiram.
Semua jenis kerang-kerangan seperti remis dan tiram adalah makanan laut yang memiliki kadar gizi paling tinggi. Kaya akan kandungan zat besi, kalium dan juga mineral-mineral lain. Kerang juga mengandung kalsium dan asam lemak esensial yang bermanfaat pada tulang dan jantung.

5. Kubis
Kubis memiliki kandungan nutrisi paling tinggi apabila dibandingkan dengan sayuran hijau lainnya. Kubis mengandung banyak kalsium, vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks. Kubis juga mengandung banyak magnesium dan kalium yang bermanfaat bagi tulang, jantung dan kekebalan tubuh.

6. Bawang Putih.
Bawang putih sangat baik bagi penderita kolesterol dan darah tinggi. Bawang putih memiliki kandungan aktif bernama Allicin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

7. Kecambah.
Kecambah merupakan pertumbuhan dari kacang-kacangan, sehingga memiliki jenis kandungan yang relatif sama dengan kacang-kacangan. Proses pertumbuhan ini juga turut meningkatkan kadar nutrisi secara signifikan, sehingga kadar protein dan vitamin pada kecambah lebih banyak dari kacang-kacangan.

8. Hati.
Organ hati memiliki sangat banyak kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B kompleks, asam folat dan mineral-mineral lainnya. Mengkonsumsi hati dapat menjaga kesehatan tubuh karena hati meningkatkan imunitas.

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup 0 Comments

RESOLUSI 2015

Dalam ranah sosial kita mengenal istilah“Das Sollen dan Das Sein.”Istilah ini berasal dari bahasa Jerman. Jika Das Sein berarti keadaan aktual, kenyataan atau realitas, maka Das Sollen adalah keadaan yang

Gaya Hidup

“EXODUS : GODS AND KINGS” (2)

Namun, rupanya Firaun belum jera. Ketika 600 ribu kaum Yahudi pergi dari tanahnya, Ia dan pasukannya bergegas mengejar mereka. Tujuannya bukan mengembalikan mereka, namun justru ingin melumat mereka beserta Musa-nya

Gaya Hidup

Penikmat Kopi ? Inilah Jenis-Jenis Kopi Terbaik Indonesia (Bagian-1)

Ngopi sekarang ini seakan menjadi gaya hidup. Bertumbuhanlah warung-warung kopi dari yang tradisional hingga modern.