Ada Apa Dengan Situs Gunung Padang.

Ada Apa Dengan Situs Gunung Padang.

Konstruksi Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang.

Penemuan Situs Megalitikum Gunung Padang membuktikan bahwa peradaban leluhur bangsa Indonesia adalah yang paling tua di Dunia. Itulah salah satu harapan dari peneliti yang tergabung dalam Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM).

Situs Gunung Padang merupakan sebuah piramida ataukah hanya bangunan Punden Berundak yang batuannya berasal dari sisa Gunung Berapi, masih menjadi perdebatan di kalangan peneliti, pakar Arkeologi, Geologi, dan Sejarah.

Kontroversi berawal dari kalangan Peneliti yang tergabung dalam  TTRM yang mengatakan bahwa Situs Gunung Padang merupakan Piramida dilihat dari struktur bangunannya. Usia “piramida” Gunung Padang diperkirakan 4.700-10.900 tahun sebelum Masehi—bandingkan dengan piramida Giza di Mesir, yang hanya 2.500 SM.

Seorang arkeolog asal Bosnia Herzegovina, Semir Sam Osmanagich, meyakini bahwa Gunung Padang bisa dimasukan ke dalam kategori peradaban piramida karena “struktur bangunan piramida semuanya sama. Situs Gunung Padang sangat penting keberadaannya bagi ilmu pengetahuan dalam dan luar negeri. (www.nuansa.co)

Bantahan datang dari pakar Arkeologi, Geologi dan Sejarah dari berbagai Universitas di Indonesia yang menyimpulkan bahwa Situs Gunung Padang yang berada di Cianjur, Jawa Barat ini hanya merupakan sisa dari Gunung Berapi, Situs Megalitikum berupa punden berundak dengan 5 teras utama di atas bukit Gunung Padang, dibangun pada masa sejarah di mana manusia setempat sudah mengenal budaya dan pemujaan terhadap leluhur.

Selain Situs Purba Gunung Padang yang berlokasi di Cianjur, nama Gunung Padang ternyata ada banyak, satu di Cikoneng, Ciamis, satu di Cilacap,  Jawa Tengah, satu di Rawabogo, Ciwidey, dan satu lagi di Padang, Sumatera Barat.

Situs Gunung Padang jadi buah bibir di tahun 2014. Bagaimana perkembangan Situs Gunung Padang terkini di tahun 2015???

Sketsa Struktur Gunung Padang

 

About author

You might also like

Napak Tilas

Maukah Bertemu Sosok Nyai Roro Kidul ? (1)

Siapakah sesungguhnya Nyai Roro Kidul? Apakah Ia pernah hidup ataukah hanya mitos belaka? Sosoknya menjadi misteri di Nusantara.

Napak Tilas 0 Comments

Braga Tempo Dulu

Braga sebuah kawasan yang sejak zaman “baheula” sampai “kiwari” menjadi ikon kota Bandung. Jalan yang pernah dijuluki Jalan Culik karena terkenal kerawanannya ini disebut juga Jalan Pedati pada 1900-an. Disebut

Gaya Hidup 0 Comments

30 Maret, Hari Film Nasional.

Hari ini, tanggal 30 Maret diperingati sebagai “Hari Film Nasional”.   Tepat tanggal 30 Maret 1950, merupakan hari pertama proses pengambilan gambar film berjudul “Darah dan Doa” atau “Long March of

2 Comments

  1. eneng
    January 16, 23:54
    Masih Misteri...

Leave a Reply