Ada Apa Dengan Situs Gunung Padang.

Ada Apa Dengan Situs Gunung Padang.

Konstruksi Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang.

Penemuan Situs Megalitikum Gunung Padang membuktikan bahwa peradaban leluhur bangsa Indonesia adalah yang paling tua di Dunia. Itulah salah satu harapan dari peneliti yang tergabung dalam Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM).

Situs Gunung Padang merupakan sebuah piramida ataukah hanya bangunan Punden Berundak yang batuannya berasal dari sisa Gunung Berapi, masih menjadi perdebatan di kalangan peneliti, pakar Arkeologi, Geologi, dan Sejarah.

Kontroversi berawal dari kalangan Peneliti yang tergabung dalam  TTRM yang mengatakan bahwa Situs Gunung Padang merupakan Piramida dilihat dari struktur bangunannya. Usia “piramida” Gunung Padang diperkirakan 4.700-10.900 tahun sebelum Masehi—bandingkan dengan piramida Giza di Mesir, yang hanya 2.500 SM.

Seorang arkeolog asal Bosnia Herzegovina, Semir Sam Osmanagich, meyakini bahwa Gunung Padang bisa dimasukan ke dalam kategori peradaban piramida karena “struktur bangunan piramida semuanya sama. Situs Gunung Padang sangat penting keberadaannya bagi ilmu pengetahuan dalam dan luar negeri. (www.nuansa.co)

Bantahan datang dari pakar Arkeologi, Geologi dan Sejarah dari berbagai Universitas di Indonesia yang menyimpulkan bahwa Situs Gunung Padang yang berada di Cianjur, Jawa Barat ini hanya merupakan sisa dari Gunung Berapi, Situs Megalitikum berupa punden berundak dengan 5 teras utama di atas bukit Gunung Padang, dibangun pada masa sejarah di mana manusia setempat sudah mengenal budaya dan pemujaan terhadap leluhur.

Selain Situs Purba Gunung Padang yang berlokasi di Cianjur, nama Gunung Padang ternyata ada banyak, satu di Cikoneng, Ciamis, satu di Cilacap,  Jawa Tengah, satu di Rawabogo, Ciwidey, dan satu lagi di Padang, Sumatera Barat.

Situs Gunung Padang jadi buah bibir di tahun 2014. Bagaimana perkembangan Situs Gunung Padang terkini di tahun 2015???

Sketsa Struktur Gunung Padang

 

Comments

About author

You might also like

Hits

Suasana Idul Fitri Zaman ‘Baheula’ di Bandung (1)

Penentuan awal puasa dan lebaran tahun ini semoga tidak menjadi polemik. Daripada mengedepankan perbedaan, mari utamakan persatuan.

Foto

Jakarta dan Bandung : Kota Penggemar Vespa Terbesar di Dunia

Pontedera-Tuscany, Italia, Kota Paling bersejarah dalam pembuatan Motor scooter Vespa Piaggio, tidak mampu menandingi Jakarta dan Bandung

Tokoh

Kalau Presiden RI Bengkak Kakinya (1)

Cerita ini adalah tentang keseharian Bung Karno yang diceritakan anaknya, Guntur Soekarnoputra dalam bukunya “Bung Karno Bapakku, Kawanku, Guruku.”

2 Comments

  1. eneng
    January 16, 23:54
    Masih Misteri...

Leave a Reply