Adakah Superhero Made in Indonesia ? (1)

Adakah Superhero Made in Indonesia ? (1)

Beberapa Superhero Made in Indonesia

Beberapa Superhero Made in Indonesia. Sayangnya kurang dikenal masyarakat

Superhero identik dengan tokoh super. Ia bisa melakukan apa saja yang tidak bisa dilakukan orang normal.

Ia biasanya pembasmi kejahatan, pembawa keadilan ke tengah-tengah masyarakat yang tertindas.

Tokoh-tokoh superhero biasanya juga diidentikan dengan Amerika. Karena di negara Paman Sam inilah kita menemukan Superhero-superhero yang sudah mendunia.

Sebut saja, Superman, Batman dan Spiderman, siapa yang tak kenal mereka ? Bahkan Hollywood sudah berulangkali mengangkat cerita superhero ini.

Uniknya, film-film bertema superhero selalu masuk ke dalam jajaran box office. Film teranyar Superhero adalah Avenger 2.

Film superhero mengenai manusia yang memiliki kekuatan super memang seru untuk ditonton. Meskipun kekuatan yang dimiliki memang kadang tidak masuk akal tapi, justru disitu salah satu nilai plus dari film superhero ini.

Lantas, apakah negeri kita memiliki tokoh superhero ? Jawabnya iya. Namun, gaung dan gemanya masih kalah jauh dari tokoh-tokoh superhero import dari Amerika.

Superhero Indonesia sudah eksis sejak tahun 70-an, saat masa jaya industri komik nasional.

Mungkin beberapa dari pembaca ada yang masih ingat dengan superhero ini atau mungkin sama sekali ada yang belum tahu kalau Indonesia juga punya superhero.

Berikut beberapa superhero Indonesia yang dirangkum siloka dari berbagai sumber :

Aquanus-indonesia

1. Aquanus

Tokoh komik ini muncul satu tahun lebih tua dibanding Godam dan Gundala. Aquanus adalah tokoh komik ciptaan Wid NS. Muncul pertama kali dalam komik berjudul Aquanus di Planet Vibhy pada 1968.

Cerita superhero Aquanus ini berawal ketika terjadi penyerangan bangsa Burbur ke planet Zyba, putra angkat Raja Sving yang masih bayi dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa namun, sayangnya roket tersebut jatuh ke lautan di planet bumi.

Keluarga pemburu paus memelihara bayi tersebut yang diberi nama Dhanus. Karena bangsa Zyba merupakan bangsa yang dapat hidup di darat dan di air, Dhanus pun dapat dengan mudah menyelam ke dasar laut.

Sampai suatu ketika Dhanus bertemu dengan seseorang di dasar laut yang berasal dari planet Zyba dan memberinya sabuk sinar pelangi. Sabuk itu lah yang menjadi senjata Aquanus. Nama Aquanus sendiri diambil dari Aqua yang berarti air dan nus dari Dhanus.

Godam

2. Godam

Godam atau dijuluki sebagai manusia besi ini merupakan hasil karya Wid NS selanjutnya yang muncul di tahun 1969 lewat komiknya yang berjudul “Memburu Doktor Setan”.

Godam aslinya merupakan seorang manusia biasa bernama Awang yang memiliki profesi tidak menentu dan tidak memiliki keahlian khusus.

Namun Ia memiliki kepribadian luhur dan inilah yang menjadi faktor utama dia dipercaya dan diberi sebuah cincin oleh seseorang yang dijuluki sebagai Bapak Kebenaran.

Jika cincin tersebut ia kenakan akan membuat Awang berubah menjadi Godam dengan kekuatan saktinya.

Kekuatan Godam antara lain bisa terbang dan kebal terhadap serangan senjata apapun. Musuh yang dihadapi Godam juga beragam, mulai dari alien, robot raksasa hingga makhluk mistis yang bernama “Roh Setan” (……BERSAMBUNG).

 

Disarikan dari beragam sumber

Comments

About author

You might also like

Hits

Gunungan Ribuan Jenis Batu Akik Diperebutkan Warga Yogyakarta

Demam batu akik yang melanda tanah air belum juga menunjukkan surutnya. Baru-baru ini ada event yang menghebohkan warga Yogyakarta.

Makanan

Makan Tempe Membuat Orang Bahagia

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia. Harga yang murah, namun kaya akan kegunaan bagi tubuh manusia.

Gaya Hidup 0 Comments

Batu Akik Baturaja : Cenderamata KAA Untuk Para Kepala Negara

Peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60 tinggal menghitung hari. Perhelatan besar ini akan dipusatkan di Bandung, yang dahulu dijuluki ibukota “Asia Afrika.”Selain nilai historisnya, tentu yang tak kalah menarik adalah pernak-pernik