Adakah Superhero Made in Indonesia ? (2 -tamat)

Adakah Superhero Made in Indonesia ? (2 -tamat)

Gatotkaca, mungkin sosok superhero awal Indonesia

Gatotkaca, mungkin sosok superhero awal Indonesia

Tidak kalah dengan negeri Paman Sam, komikus Indonesia, khususnya semenjak era 1970-an banyak melahirkan tokoh-tokoh superhero.

Dalam era tersebut, seiring dengan maraknya komik nasional, kehadiran superhero-superhero lokal tak kalah dengan superhero import.

Namun, kini nasibnya berbalik. Superhero lokal cenderung tenggelam, seiring mengganasnya superhero-superhero import yang digawangi Amerika.

Siloka berusaha merangkum beberapa superhero lokal yang dulunya digemari masyarakat kita, di antaranya :

Gundala, Putra Petir yang begitu melegenda

Gundala, Putra Petir yang begitu melegenda

3. Gundala Putra Petir

Jelas ada pengaruh superhero Amerika pada sosok Gundala ini. Baik itu lewat desain karakter maupun jenis kekuatannya. Sang pencipta pun tidak membantah, bahwa ia terinspirasi The Flash.

Superhero satu ini juga termasuk tokoh komik yang cukup senior karena Komik Gundala Putra Petir ini juga dirilis pada tahun 1969.

Seperti disebutkan di awal, memang tidak dipungkiri bahwa pencipta Gundala Putra Petir sendiri memang terinspirasi dari The Flash, mulai dari desain karakter sampai jenis kekuatannya.

Gundala sendiri merupakan seorang ilmuwan bernama Sancaka yang mendapatkan kekuatan dari raja petir bernama Kaisar Kronz.

Sesuai dengan julukannya, Gundala memiliki kekuatan petir yang dapat keluar dari telapak tangannya, selain itu ia juga dapat berlari secepat angina. Gundala memiliki musuh bebuyutan, yakni Ghazul.

Sembrani

Sembrani

4. Sembrani

Satu lagi tokoh superhero karya Hasmi, yang muncul pertama kali di tahun 1974 dalam serial Gundala 1000 Pendekar. Sembrani memiliki nama asli Tangguh.

Saat Tangguh berada di tepi kawah gas beracun di Dieng, terjadi sesuatu yang menarik Tangguh turun ke bawah kawah.

Ternyata hal tersebut disebabkan adanya pesawat luar angkasa yang jatuh ke dalam kawah dan kehadirannya mampu menetralisir gas beracun.

Lewat proyeksi 3 dimensi, seorang panglima perang yang telah lama mati dalam pertempuran di sistem bintang.

Ristuty menyampaikan pesan kepadanya dan memberi Tangguh sebuah kalung yang dapat mengubahnya menjadi seorang superhero bernama Sembrani dan memiliki kekuatan super untuk menetralisir medan magnet maupun medan listrik, menetralisir racun dan kemampuan untuk terbang.

Caroq

Caroq

5. Caroq

Caroq diciptakan oleh Ahmad Thoriq pada tahun 1992, superhero yang satu ini memang terasa nuansa Indonesianya lewat kostum dan senjata yang digunakan.

Dalam ceritanya, Caroq merupakan seorang supir taksi yang mengalami sebuah peristiwa dan akhirnya membuatnya berubah menjadi pahlawan untuk menegakkan keadilan di jalanan.

Jika disandingkan dengan superhero karya Marvel, Caroq hampir sama dengan Daredevil dan Punisher yang memiliki kekuatan utamanya yaitu, bela diri dan intelegensi yang tinggi.
Caroq juga memiliki musuh bebuyutan yang tidak kalah tangguh, Si Tangan Empat dan Si Bengis.

Komik Pangeran Mlaar

Komik Pangeran Mlaar

6. Pangeran Mlaar

Tokoh pahlawan selanjutnya merupakan karya Hasmi. Pangeran Mlaar adalah anak putra mahkota planet Covox.

Karena peristiwa ayah Mlaar yang dibunuh oleh komplotan Menteri Telern dan Putri Kepala Perak, Mlaar dibawa lari oleh pamannya yang seorang ilmuwan jenius.

Berkat rekayasa genetika yang dilakukan oleh sang paman, Mlaar memiliki kekuatan yang dapat membuat tubuhnya menjadi elastis sampai batas tertentu dan kekuatan yang dimilikinya tersebut menjadikannya sebagai salah satu superhero.

Itulah beberapa superhero yang pernah lahir dan besar di tanah Indonesia. Semoga kita tidak melupakannya.

Disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup

Celana Dalam Batman dan Superman.

Rasanya sangat lumrah ketika kita mendengar guyonan tentang celana dalam para tokoh superhero DC Comics, salah satunya adalah Batman dan Superman. Guyonan ini tidak hanya di Indonesia, tapi juga terjadi di seluruh dunia.

Napak Tilas

70 Tahun Lalu, Hiroshima Luluh Lantak Akibat Little Boy

Pada pagi 6 Agustus 1945 aktivitas di kota Hiroshima Jepang berjalan seperti biasanya, sampai beberapa saat kemudian semuanya berubah.

Artikel

Hebatnya Sentuhan

Sebuah sentuhan mempunyai makna tersendiri bagi yang disentuhnya. Dan pemaknaan ini sering terjadi tanpa kita sadari.