Akar Wangi, Mewangikan Garut Ke Seluruh Penjuru Dunia

Akar Wangi, Mewangikan Garut Ke Seluruh Penjuru Dunia

Garut tidak hanya identik dengan dodol dan kerajinan kulitnya. komoditas unggulan dari Garut adalah Akar Wangi. yang sudah mendunia.

Hal ini mungkin belum diketahui masyarakat awam yang hanya mengetahui Garut sebatas produsen dodol dan atraksi ketangkasan dombanya.  Padahal, wilayah di Selatan Jawa Barat ini juga terkenal sebagai penghasil rumput akar wangi (Vetiveria zizanioides).

Sejarahnya, tanaman yang diyakini berasal dari India ini sudah lama (sejak 1920) menjadi salah satu komoditas pertanian di Garut. Bahkan, Garut dikenal sebagai salah satu dari tiga penghasil akar wangi terbesar di dunia, selain Haiti dan Bourbon di Pasifik.

minyak akarwangi

Pada bidang kesehatan, akar wangi sering dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi, rematik, dan penghilang bau mulut. Bahkan, daun dan batangnya juga bisa digunakan untuk bahan baku kerajinan. Beberapa kerajinan yang dibuat dari akar wangi di antaranya tas dan pajangan.

Selain dijadikan bahan berbagai kerajinan, akar wangi juga digunakan sebagai bahan pembuat aroma terapi. Hal ini dikarenakan akar wangi mengandung minyak asitri yang berfungsi melemaskan syaraf otak dan anggota tubuh.

Minyak akar wangi juga adalah salah satu bahan dasar untuk pembuatan parfum dan kosmetika lainnya dan untungnya, pemasaran minyak akarwangi sampai saat ini tidak mengalami hambatan yang berarti.

Sampai saat ini sesuai dengan data yang ada dilansir dari laman www.garutkab.go.id,  pasar luar negeri yang menyerap produk minyak akarwangi Garut adalah para pengusaha dari kawasan Asia, Eropa dan Amerika khususnya negara-negara seperti Singapura, India, Jepang, Hongkong, Inggris, Belanda, Jerman, Italia, Swiss, dan Amerika Serikat.

Peluang ekspor untuk pemasaran minyak akarwangi yang juga masih cukup terbuka khususnya ekspor untuk kawasan Asia Selatan dan Asia Timur, Eropa Timur dan Amerika Selatan. Apalagi jika diingat bahwa jumlah produsen atau negara pesaing di pasaran internasional masih sangat terbatas.

disarikan dari beragam sumber.

About author

You might also like

Nasional

Kenali Pencak Silat, Seni Bela Diri Nusantara

Sejak zaman pra-sejarah, sudah lahir ilmu bela diri yang sederhana guna mempertahankan hidup dari ganasnya alam.

Napak Tilas

Setelah Little Boy, Fat Man Meluluh Lantakkan Nagasaki Sekejap

Sejarah senantiasa mencatat, pada Agustus ini selain Hiroshima, Nagasaki adalah kota yang terpapar tragedi kemanusiaan terbesar.

Hits

Jodha Akbar, Bagaimanakah Fakta Sesungguhnya ?

Pernah nonton Film Jodha Akbar ? Film ini berhasil menyedot perhatian pemirsa, namun benarkah cerita ini berdasarkan fakta sesungguhnya ?