Anda Sudah Dewasa ? Silakan Lompati Batu Setinggi 2 Meter

Anda Sudah Dewasa ? Silakan Lompati Batu Setinggi 2 Meter

Satu lagi tradisi unik yang dimiliki Nusantara, tepatnya di Pulau Nias adalah Fahombo, atau tradisi lompat batu bagi yang sudah dewasa.

Ya, jika anda sudah merasa dewasa, silakan lompati batu setinggi 2 meter dan ketebalan 40 cm. Tradisi Fahambo ini berasal dari pulau Nias yang terletak di sebelah bagian barat Sumatra, di desa Bawomataluo tepatnya di puncak bukit yang ada di Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan.

Acara Fahombo ini merupakan ritual budaya sebagai simbol kedewasaan pemuda di Nias. Untuk melakukan lompatan dengan sempurna para pemuda Nias harus berlatih dengan rutin. Jika pemuda tersebut dapat melewati batu besar dengan sempurna, maka pemuda tersebut dapat dianggap telah dewasa dan matang secara fisik.

Dengan adanya hal tersebut para pemuda dapat memasuki masa pernikahan dan menjadi prajurit desa jika terjadi konflik atau peperangan antar desa. Penyiapan ini dilakukan sejak dini,  bahkan, sejak usia 10 tahunan, anak lelaki di Pulau Nias akan bersiap melakukan giliran fahombo mereka.

Sebagai ritual, fahombo dianggap serius dalam adat istiadat. Nias. Anak lelaki akan melompati batu tersebut untuk mendapat status kedewasaan mereka, dengan mengenakan busana pejuang Nias, menandakan bahwa mereka telah siap bertempur dan memikul tanggung jawab sebagai laki-laki dewasa.

Batu yang harus dilompati dalam fahombo berbentuk seperti sebuah monumen piramida dengan permukaan atas datar. Tingginya tidak kurang dari 2 meter, dengan lebar 90 cm, dan panjang 60 cm. Pelompat tidak hanya harus melompati tumpukan batu tersebut, tapi ia juga harus memiliki teknik untuk mendarat, karena jika dia mendarat dengan posisi yang salah, dapat menyebabkan cederat otot atau patah tulang.

Saking seriusnya tradisi atau ritual ini sehingga pada masa lampau, di atas papan batu bahkan ditutupi dengan paku dan bambu runcing, sehingga apabila gagal maka nahas lah nasibnya.

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Nasional

10 Tips Perawatan Ban Mobil Untuk Persiapan Mudik Lebaran 2015

Kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun sepeda motor, masih menjadi moda favorit yang digunakan para pemudik untuk pulang kampung pada lebaran 2015 ini. Tidak saja mereka yang mudik dari Jakarta menuju ke

Napak Tilas

Benarkah Hitler Melarikan Diri dan Mati Indonesia ? (2-tamat)

Cerita kematian Hitler di Indonesia sungguh menarik. Dokter Sosrohusodo berjumpa Hitler ketika berusia 71 tahun.

Artikel

Ternyata, “The Proclamator” Turut Menginspirasi Rakyat Malaysia

Perubahan tidak pernah lepas dari kalangan muda. Daya imajinasi, kreasi, dan inovasi senantiasa melekat pada karakter generasi muda