Apa Saja Makanan Yang Sehatkan Mata ?

Apa Saja Makanan Yang Sehatkan Mata ?

mata

Mungkin semenjak kecil, orang tua kita selalu memberikan wortel yang menurut mereka bagus untuk mata ? Apakah betul demikian ?

Mata adalah jendela jiwa. Melalui organ bernama mata, kita menatap dunia. Melalui mata pula, perasaan seseorang bisa diterka. Seperti organ tubuh anugerah Tuhan lainnya, mata sungguh ajaib. Dan terkadang kita tidak menyadarinya.

Namun, inilah yang sering kita lupakan. Kadang-kadang kita abai menjaga kesehatan mata kita. Kita sering memaksanya menatap layar computer berjam-jam. Kita juga sering lupa mengatur pola makanan kita untuk membantu kinerja mata.

Ada banyak makanan di sekitar kita yang dapat membantu merawat kesehatan mata. Dan harganya pun terjangkau. Malahan ada beberapa sayuran yang bisa kita tanam di halaman rumah. Jadi, untuk mengusahakan kesehatan tak perlu mahal-mahal.

telur

Makanan yang menyehatkan mata dimulai dengan telur. Dalam pengujian, telur didapati mengandung banyak asam amino, belerang, lesitin, sistein, dan lutein yang melindungi mata dan lensanya dari ancaman katarak.

Ikan

Makanan selanjutnya adalah ikan. Ikan memiliki kadar DHA yang tinggi. DHA merupakan zat yang mendukung struktur pada membran sel. Mengonsumsi ikan sangat disarankan untuk orang yang mengalami mata kering atau degenerasi macula. Jenis ikan yang kaya kandungan DHA, antara lain tuna, cod, salmon, sarden, dan makarel.

anggur

Makanan berikutnya yang baik untuk mata berasal dari keluarga buah. Anggur dan blueberry adalah contohnya. Kedua buah itu menawarkan zat anthocyanin yang diyakini dapat memperkuat pandangan mata di malam hari.

wortel

Dari kelompok sayur mayor, wortel menjadi yang paling popular untuk mendukung kejernihan mata. Wortel kaya kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh manusia. Beta karoten juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan beberapa jenis kanker.

Sumbangan zat yang menyehatkan mata juga diberikan oleh bawang putih dan bawang merah. Keduanya mempunyai kandungan sulfur yang tinggi. Sulfur digunakan untuk memproduksi glutation alami, antioksidan yang penting untuk lensa mata.

Kangkung

Tanaman hijau yang bisa tumbuh di halaman rumah dan bermanfaat bagi mata adalah bayam dan kangkung. Sayuran ini menyediakan unsur karotenid, lutein dan zeaxathin. Pgmen kuning lutein membantu melindungi macula dari cahaya biru dan sengatan sinar matahari.

Disarikan dari Kompas, Klasika, 21 Juni 2012.

About author

You might also like

Gaya Hidup 0 Comments

Eureka ! Ayam Goreng Rp9000-an

Jika Archimides berkata Eureka ! karena bahagia berkat penemuannya, Saya pun merasakan perasaan yang serupa, meski penemuan saya kali ini sama sekali tidak untuk dibandingkan. Bayangkan saja, setelah penat bekerja

Gaya Hidup

Si Penggali Kubur Lara Croft Hadir di Smartphone

Para pecinta Lara Croft – Tomb Raider sempat dibuat penasaran akan keluaran teranyar dari Square Enix, melihat dari judulnya “Relic Run” apakah akan seperi game-game endles run lainnya semacan Tample

Tokoh 1Comments

Batu Akik : Dari Soekarno, Mandela Hingga Obama

  Demam batu akik tidak pernah mengenal kelas. Ia tidak kenal pejabat, pemimpin negara atau rakyat jelata. Bahkan dalam banyak hal, masyarakat awam seringkali melihat pejabat atau pemimpin negara sebagai