Apakah Anda Mengalami Lethargy Syndrome?

Apakah Anda Mengalami Lethargy Syndrome?

Lethargy Syndrome (Ilustrasi)

Lethargy Syndrome (Ilustrasi)

Saat kita menjalankan aktifitas sehari-hari, mungkin kita pernah merasa tidak bertenaga, lemas, lesu, mengantuk atau letih. Gejala-gejala ini memicu rendahnya konsentrasi otak untuk berpikir bahkan dapat menyebabkan hilang mood, sehingga berpengaruh pada aktifitas keseharian kita.

Jika kita merasa kondisi seperti diatas, maka kita terkena Lethargy Syndrome. Lethargy Syndrome ini disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada tubuh untuk diolah menjadi sumber energi. Kuncinya, sarapan!

Seringkali kita melupakan pentingnya sarapan pagi, banyak alasan untuk meninggalkan sarapan seperti mengejar waktu, menghindari macet, takut gemuk, bahkan malas untuk sarapan.

Berdasarkan hasil survey kesehatan yang dilakukan oleh para ahli nutrisi di ibukota, 60% anak Indonesia mengalami kekurangan nutrisi saat sarapan. Padahal sarapan adalah asupan nutrisi pertama yang memiliki peran penting dalam kinerja dan aktifitas manusia. Sarapan pagi memberikan 20-25% energi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Tidak jarang juga keluhan mengenai timbulnya rasa kantuk setelah sarapan pagi. Sarapan sehat bukanlah sekedar kenyang, tapi harus memperhatikan kandungan nutrisi. Seperti karbohidrat, serat, protein, kalsium, dan vitamin D alami.

Porsi makan dalam sarapan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu berdasar jenis kelamin, usia, serta jenis aktifitas yang dilakukan.
Misalkan apabila aktifitas kita lebih banyak membutuhkan kinerja fisik, maka asupan karbohidrat di pagi hari harus lebih banyak dibanding dengan mereka yang hanya duduk dikantoran.

Nutrisi-nutrisi tersebut dapat digantikan dengan suplemen, namun penyerapan dan pengolahan zat-zat nutrisi tersebut lebih baik dan lebih efektif jika berasal dari sumber alami seperti susu, keju dan gandum ketimbang dari suplemen-suplemen buatan.

Selain mencegah Lethargy Syndrome, budaya sarapan sehat juga memiliki andil dalam perilaku makan yang sehat, dan membentuk bobot badan yang sehat.

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup

Ubud Food Festival 2015: Berlibur Menikmati Kuliner Nusantara

Musim liburan segera tiba, bagaimana jika berlibur sambil menikmati beragam kuliner nusantara sambil menikmati pemandangan ubud?

Ray Sahetapy Dipastikan Bermain Di Captain America III

Setelah Iko Uwais, Joe Taslim dan Yayan Ruhyan, kini giliran Ray Sahetapy yang akan ikut tampil di Hollywood. Ray Sahetapi memastikan dirinya akan tampil di Captain America : Civil War. Ray

Gaya Hidup 0 Comments

Siti Nurbaya Roman Melegenda (1)

Novelis Marah Rusli mungkin tidak sekadar mereka-reka ketika menulis Roman Siti Nurbaya. Ia hendak memotret kondisi sosial masyarakat yang terjadi kala itu, khususnya di Sumatera Barat, tempat setting roman tersebut