Arsitektur Gagasan Soekarno-2

Arsitektur Gagasan Soekarno-2

Soekarno bukan saja dikenal sebagai Founding Father, Proklamator dan seabrek julukan lainnya. Ide Soekarno juga mewujud dalam karya arsitektural.

Sepanjang hidupnya, banyak bangungan, patung, lukisan dan karya arsitek peninggalan Bung Karno. Berikut di antaranya yang sangat fenomenal :

Hotel Indonesia
Untuk menyambut Asian Games IV tahun 1962, Ir Soekarno membangun hotel berbintang pertama di Indonesia. Sepasang arsitek yang juga pasangan suami istri, Abel Sorensen dan istrinya Wendy meng-arsiteki hotel dengan lahan seluas 25.082 meter persegi.
Hotel Indonesia dengan slogannya “A Dramatic Symbol of Free Nations Working Together” telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta no. 475 tanggal 29 Maret 1993.

Hotel-indonesia-soekarno

Hotel Indonesia, kini menjadi cagar budaya. (foto: wikimapia)

Tugu Selamat Datang
Sejalan dengan dibangunnya Hotel Indonesia dalam rangka menyambut Asian Games 1962, Ir. Soekarno membangun patung sepasang manusia menggenggam bunga dan melambaikan tangan. Patung ini menghadap ke utara, sebagai perlambang ucapan selamat datang bagi orang-orang yang datang dari utara Indonesia.
Rancangan dasar Tugu Selamat Datang dibuat oleh wakil Gubernur DKI Jakarta pada saat itu, Henk Ngantung. Sedangkan pembuatan patung dilaksanakan oleh tim pematung Keluarga Arca yang dipimpin Edhi Sunarso.

Tugu Selamat Datang. (foto: tribunnews)

Tugu Selamat Datang. (foto: tribunnews)

Patung Dirgantara (Pancoran)
Patung Dirgantara yang saat ini dikenal sebagai Patung Pancoran merupakan gagasan dari Presiden Soekarno mengenai keperkasaan dunia penerbangan (dirgantara) Indonesia. Patung Dirgantara menggambarkan manusia angkasa, sebagai perlambang semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajahi angkasa.
Patung Dirgantara dirancang oleh Edhi Sunarso, dan pengecoran dilaksanakan oleh Pengecoran Patung Perunggu Artistik Dekoratif Yogyakarta yang dipimpin oleh I Gardono.

patung-dirgantara

Patung Dirgantara, simbol keperkasaan dirgantara Indonesia.

Design Tata Ruang Kota Palangkaraya
Pada tanggal 17 Juli 1957, Ir. Soekarno meletakan tiang pancang pembangunan ibu kota Propinsi Kalimantan Tengah. Mengenai urban design atau design tata kota Palangkaraya, banyak yang mengatakan bahwa Ir. Soekarno terinspirasi dari beberapa kota di dunia. Konsep Trivium di Piazza Del Popolo kota Roma, yang berarti pertemuan dari tiga jalan.

Trivium palangkaraya, urban design Soekarno. (foto: sinarharapan)

Trivium palangkaraya, urban design Soekarno. (foto: sinarharapan)

Masjidil Haram
Sebagai seorang arsitek dan juga Presiden RI, Ir. Soekarno berinisiatif untuk memberikan ide arsitektural pada pemerintahan Arab Saudi. Bertepatan dengan menunaikan ibadah haji, Soekarno menyempatkan diri untuk menyampaikan ide-idenya pada pemerintah Arab.
Pemerintah Arab Saudi akhirnya merealisasikan ide Bung Karno pada tahun 1966, dengan merenovasi Masjidil Haram secara besar-besaran. Diantaranya pembuatan lantai bertingkat bagi umat yang melaksanakan Sa’i menjadi dua jalur, serta lantai bertingkat untuk melakukan Tawaf.

Masjidiil Haram saat ini, terdapat ide Soekarno

Masjidiil Haram saat ini, terdapat ide Soekarno

Itulah sekelumit karya Soekarno, Bapak Bangsa kita. Selain mengajarkan “Nation and Character Building” Soekarno juga turut mewarnai karya-karya arsitek di dalam dan luar negeri.

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Uncategorized

Royal Princess Itu Bernama Charlotte Elizabeth Diana

Akhirnya Pangeran William dan Kate Middletone memberi nama putri mereka dengan nama Charlotte Elizabeth Diana, Istana Kensington mengatakan putri kerajaan ini akan dikenal dengan sebutan putri Charlotte dari Cambridge. Putri Charlotte

Foto

17 Fakta Unik Tentang Benua Antartika

Fakta unik Antartika – Benua paling terpencil, paling tinggi, paling kering, paling berangin, paling kosong, dan tempat paling dingin di muka bumi.

Artikel

Argumen Bung Karno Tentang Atlantis dan Mitos Nyi Roro Kidul

Salah satu misteri dunia yang masih mengundang tanda tanya hingga hari ini adalah keberadaan Altantis yang hilang ditelan bumi.