Bacaan Favorit Bos Facebook Adalah Karya Cendekiawan Muslim Satu Ini

Bacaan Favorit Bos Facebook Adalah Karya Cendekiawan Muslim Satu Ini

Ada yang pernah tahu Ibn Khaldun ? Apakah karyanya ? Mungkin sebagian besar dari kita tidak mengetahuinya, namun tidak bagi Bos Facebook.

Ibn Khaldun bukanlah seorang yang asing dalam ranah keilmuan sosial, khususnya Sosilogi. Ia adalah salah seorang cendekiawan muslim besar Islam abad 14 Masehi.Bahkan Ia pernah dijuluki “Bapak Sosiologi Islam.”

Kita kalah dengan Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus Bos Facebook. Ia mengagumi dan menghargai Ibn Khaldun lewat karya-karyanya, salah satunya adalah “Muqqadimah.” Sebuah magnum opus atau karya terbesar Khaldun.

Seperti dilansir dalam laman dream.co.id, Buku Ibnu Khaldun berjudul `Muqaddimah` kini menjadi salah satu karya yang menjadi bacaan wajib Zuckerberg.

“Bacaan saya selanjutnya dalam A Year of Books adalah Muqaddimah oleh Ibnu Khaldun,” kata Mark dalam akun facebooknya, Rabu, 3 Juni 2015.

Mark lebih jauh menjelaskan bahwa kitab ‘Muqqadimah’ itu bercerita tentang sejarah dunia yang dibuat seorang intelektual yang hidup pada tahun 1.300-an.

Kitab ‘Muqaddimah’ menjelaskan banyak hal mengenai pembentukan masyarakat dan budaya, penciptaan kota, politik, perniagaan, dan pengetahuan.

Menurut Mark, meski banyak dari apa yang diyakini kini terbukti tidak benar setelah 700 tahun kemajuan, karya Ibnu Khaldun ini masih sangat menarik untuk melihat apa yang dipahami saat ini, dan pandangan dunia secara keseluruhan ketika itu semua dianggap sama.

Sebenarnya bukan hanya Zuckerberg yang mengagumi Ibn Khaldun. Kitab Muqadimmah yang terbit pada tahun 1377 itu sejak lama dikagumi sarjana-sarjana Barat.

Buku ini, walaupun secara teknis membahas sejarah, disebut-sebut meletakkan pondasi keilmuan bagi sosiologi dan ilmu ekonomi. Sejarawan Arnold J. Toynbee menyebut kitab Muqadimmah karya Ibn Khaldun itu sebagai “..buah pemikiran agung manusia dari zaman kapanpun, di manapun.”

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Napak Tilas

Makna Sebenarnya Dibalik “Habis Gelap Terbitlah Terang” dan Jasa R.A. Kartini yang tidak Terekspos

Makna Dibalik Habis Gelap Terbitlah Terang Ternyata, makna sebenarnya dari kalimat Door Duisternis Tot Licht yang merupakan kalimat yang selalu diulang-ulang ketika R.A. Kartini berkirim surat kepada sahabat Pena nya di Belanda adalah

Uncategorized

Royal Princess Itu Bernama Charlotte Elizabeth Diana

Akhirnya Pangeran William dan Kate Middletone memberi nama putri mereka dengan nama Charlotte Elizabeth Diana, Istana Kensington mengatakan putri kerajaan ini akan dikenal dengan sebutan putri Charlotte dari Cambridge. Putri Charlotte

Jalan-Jalan 1Comments

6 Perairan Jernih di Dunia.

6 Destinasi wisata air yang memikat hati dengan kebersihan dan kejernihan airnya. Hampir mustahil rasanya di zaman sekarang ini untuk melihat perairan yang bersih dengan air yang jernih. Maraknya industri