Bagaimana Wajah Garut Tempo Dulu ?

Bagaimana Wajah Garut Tempo Dulu ?

Garut sudah semenjak lama terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan artis sekelas Charlie Chaplin pernah 2 kali datang ke Garut.

Membicarakan sejarah Garut tak bisa dilepaskan dari Kabupaten Limbangan. Kabupaten Limbangan adalah Kabupaten lama yang ibukotanya dipindahkan ke Garut kini karena seringkali terjadi bencana alam berupa banjir yang melanda daerah ibukota.

Selain itu, kurang berkembangnya pusat pemerintahan karena jauh dari sungai yang menjadi sarana transportasi dan irigasi areal pesawahan dan perkebunan. Bupati Adiwijaya (1813-1831) membentuk panitia survei lokasi untuk ibukota kabupaten yang baru. Pilihan akhirnya jatuh di tempat yang dikelilingi gunung dan memiliki mata air yang mengalir ke Cimanuk Tempat tersebut berjarak ± 17 km dari pusat kota lama.

Singkat kata lahirlah Garut. Sebuah nama yang konon berasal dari sebuah kecelakaan dan keseleo lidah. Nah, bagaimanakah wajah Garut tempo dulu inilah jejaknya.

1. Alun-Alun Garut. Dalam gambar ini nampak “Babancong” salah satu ikon Garut. Babancong adalah bangunan sejenis gapura atau gazebo.

alun2 garut

pemandangan babancong

 

2.Hotel ngamplang

Bangunan Hotel Ngamplang sebelum dihancurkan. Bangunan Hotel itu seperti bangunan di Switzerland. Foto diambil pada tahun 1923.

hotel ngamplang

Pemandangan dari Hotel Ngamplang ke arah kota Garut. Yang tersisa dari Hotel Ngamplang adalah tinggal kolam dengan air mancur ini yang masih ada hingga sekarang.

kolam hotel ngamplang

3.Seorang gadis Belanda

Gadis Belanda berfoto di Ngamplang Garut. Tampak mobil Ford dengan plat nomor “D”, yaitu nomor Priangan. Di tempat ini, pada waktu itu terdapat Hotel mewah, yaitu Hotel Ngamplang.

garut tempo dulu1

4. Jalan Stasiun Garut

Jalan Stasiun Garut. Sekarang jalan ini berganti nama menjadi Jalan Kenari. Disebelah kiri adalah Hotel Papandayan. Foto diambil pada tahun 1920.

jalan stasiun Garut

 

5. Adu Ketangkasan Domba Garut

Salah satu seni tradisi masyarakat Garut adalah kesenian atau ketangkasan Domba Garut. Kesenian ini sudah menjadi tradisi masyarakat Garut yang unik dan khas. Dapat dilihat dari jejak fotonya tahun 1920-an.

adu domba garut

sumber : uniqpost.com

About author

You might also like

Hits

Karena Batu Akik, Anak-Anak SD Di Kampung Ini Sudah Bisa Kredit Motor

Mungkin kita tidak pernah mendengar Kampung Garduh, di manakah kampung itu ? Apa hebatnya ? Namun nama kampung ini ternyata telah mendunia.

Artikel

Jasa Soekarno Menyelamatkan Universitas Al-Azhar Mesir

Mesir bukan semata soal Piramida. Di sana ada Universitas Al-Azhar. Mesir dan Universitas ini ibarat dua sisi mata uang.

Artikel

Anda Sudah Dewasa ? Silakan Lompati Batu Setinggi 2 Meter

Satu lagi tradisi unik yang dimiliki Nusantara, tepatnya di Pulau Nias adalah Fahombo, atau tradisi lompat batu bagi yang sudah dewasa.