Bandung, Kota Terpadat di Dunia ?

Bandung, Kota Terpadat di Dunia ?

Dengan luas hanya 16.767 hektare dan jumlah penduduk mencapai 2.771.138 jiwa (2012), Bandung merupakan kota terpadat di dunia.

Tiga wilayah di kota Bandung diduga menjadikan Bandung sebagai kota terpadat Dunia. Tiga wilayah itu adalah Cicadas, Kiaracondong dan Bandung Kulon. Di Ketiga wilayah tersebut kepadatan penduduknya di atas 13.000 jiwa per meter persegi. Padahal, idealnya kepadatan penduduk itu lima ratus jiwa per kilometer persegi. Data ini diambil pada 2009 lalu (PR Online 30/03/2009), itu artinya 6 tahun kemudian, yakni di 2015 ini jumlahnya dipastikan meningkat signifikan.

Peningkatan jumlah penduduk Bandung, salah satunya disumbang oleh tingkat urbanisasi yang tinggi, meski perlu penelitian lebih lanjut mengenai data pastinya. Kota berhawa sejuk ini memang sudah menjadi tujuan destinasi bagi banyak orang. Bahkan, di zaman penjajahan, Bandung menjadi kota yang paling banyak ditinggali orang-orang “bule, ” terutama kawasan Bandung Utara.

Padatnya penduduk Bandung bisa dilihat dari 2 sisi. Baik positif maupun negatif. Sayangnya, banyak kalangan sering melihat sisi negatifnya saja. Padahal, jika pemerintah dan organisasi kemasyarakatan bisa memanfaatkannya, potensi masyarakat Bandung sungguh luar biasa. Belakangan ini saja, banyak julukan bagi kota Bandung yang positif. Bandung seakan menjadi kiblat untuk dunia fashion dan kuliner. Bahkan Bandung pernah dinobatkan menjadi kota terkreatif se-Nusantara.

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup 0 Comments

Bakso Bakar Pahlawan Trip, Malang

Jangan bilang pernah ke Malang jika belum mencoba kuliner Bakso Bakar.  Kali ini, kita mengunjungi Bakso Bakar Pahlawan Trip Memang tidak salah jika orang-orang mengatakan bahwa bakso berasal dari Malang. Meskipun namanya

Gaya Hidup

Jodha Akbar, Bagaimanakah Fakta Sesungguhnya ?

Pernah nonton Film Jodha Akbar ? Film ini berhasil menyedot perhatian pemirsa, namun benarkah cerita ini berdasarkan fakta sesungguhnya ?

Gaya Hidup

Adakah Superhero Made in Indonesia ? (1)

Superhero identik dengan tokoh super. Ia bisa melakukan apa saja yang tidak bisa dilakukan orang normal. Ia biasanya pembasmi kejahatan, pembawa keadilan ke tengah-tengah masyarakat yang tertindas. Tokoh-tokoh superhero biasanya

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply