Battle of Surabaya, Film Besutan 180 Animator Anak Negeri !

Battle of Surabaya, Film Besutan 180 Animator Anak Negeri !

Kehadirannya baik oase. Di tengah gempuran film-film animasi “Made in Hollywood” dan Jepang, Battle of Surabaya sungguh membanggakan !

Momen Agustusan memang pas untuk kehadiran film Battle of Surabaya. Tiga hari setelah peringatan proklamasi, film animasi produksi MSV tersebut tayang di bioskop mulai 20 Agustus 2015. Film garapan sutradara Aryanto Kurniawan Film yang diproduksi oleh MSV Pictures (anak perusahaan kampus STMIK Amikom Yogyakarta) itu disebut-sebut sebagai pelopor film animasi yang berstandar internasional.

Cerita Battle of Surabaya merupakan cerita adaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Indonesia memang sudah diproklamasikan oleh Bung Karno dan Bung Hatta, namun penjajah rupanya belum jera. Langit Surabaya kembali memerah. Peristiwa Insiden Bendera di Hotel Yamato dan kedatangan Sekutu yang ditumpangi Belanda menuntut hak atas Hindia Belanda.

Film ini memasang dua aktor top, Reza Rahadian dan Maudy Ayunda dalam deretan pengisi suara. Film ini menceritakan petualangan Musa, bocah 13 tahun, di Surabaya pada 1945. Kecamuk perang antara Indonesia dan Sekutu menyeret bocah penyemir sepatu itu dalam pertempuran 10 November. Ia dipilih pejuang menjadi kurir pembawa pesan rahasia.

Produksi Battle of Surabaya berlangsung di kampus Amikom. Seluruh proses produksinya melibatkan sekitar 180 animator yang merupakan mahasiswa, dosen, alumnus, serta sejumlah animator profesional. Kebanyakan merupakan animator berusia muda.

Prestasi membanggakan sudah diraih Battle of Surabaya jauh hari sebelum filmnya sendiri dirilis. Film ini sudah meraih penghargaan di ajang International Movie Trailer Festival 2013 dan masuk nominasi pada ajang Annual Golden Trailer Award 2014. Keberhasilan seperti ini sudah pasti mengharumkan nama Indonesia di panggung internasional.

Battle of Surabaya diharapkan bisa menginspirasi sineas muda (dalam hal ini animator) untuk mencari semangat baru dan menjadi pelopor dalam dunia film animasi Indonesia.

Disarikan dari beragam sumber.

 

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup

Ku Antar Ke Gerbang, Kisah Cinta Soekarno Dan Inggit (2-tamat)

Satu pembelajaran penting setelah membaca buku ini. Kesuksesan seorang suami tak lepas dari dorongan isterinya, itulah Inggit bagi Soekarno.

Jalan-Jalan

Rujak Soto, Banyuwangi.

Banyuwangi, ujung timur pulau jawa bersebrangan dengan pulau Dewata-Bali. Kota dengan jumlah penduduk 1,6 juta jiwa ini memiliki banyak keindahan alam yang layak untuk kita kunjungi. Ada 3 Taman Nasional, beberapa air terjun

Gaya Hidup 0 Comments

Denyut Pasar Andir

Jangan tanyakan jam normal di sini. Ketika sebagian besar masyarakat Bandung masih terlelap dan diselimuti mimpi indah atau mungkin mimpi buruk, Pasar Andir menghadirkan suasana sebaliknya. Denyut aktivitas manusia mulai