Batu Akik Baturaja : Cenderamata KAA Untuk Para Kepala Negara

Batu Akik Baturaja : Cenderamata KAA Untuk Para Kepala Negara

Kang Emil dengan batu akiknya

Kang Emil dengan batu akiknya

Peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60 tinggal menghitung hari.

Perhelatan besar ini akan dipusatkan di Bandung, yang dahulu dijuluki ibukota “Asia Afrika.”Selain nilai historisnya, tentu yang tak kalah menarik adalah pernak-pernik acara tersebut. Salah satunya adalah pemberian cenderamata batu akik untuk para tamu undangan, khususnya para kepala negara. Bukankah di tanah air kita belakangan sedang dilanda demam batu akik ? Ibarat gayung bersambut, ide inilah sepertinya yang membuat Ridwan Kamil, Walikota Bandung berniat memberikan cincin batu akik pada para tamu Konferensi Asia Afrika.

Jenis batu akik yang akan diberikan adalah baturaja yang berwarna biru. batu akik jenis baturaja berwarna biru agar sesuai dengan warna khas kesebelasan Persib Bandung.

Warnanya yang kebiruan seperti warna spiritus membuat akik ini terlihat alami dan segar. Sesuai namanya, batu akik jenis ini berasal dari kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Rencananya, batu akik akan diberikan sepasang untuk setiap kepala negara. Sepasang batu akik itu, ujar Ridwan, untuk kepala negara dan pasangannya.

Adapun desain ikat batu akik tersebut dibuatnya sendiri. Ikat itu akan diberi tema tumpukan segi tiga di sekelilingnya. Di kedua sisi ikat itu akan dibubuhi kata “Asia” dan “Afrika”. Tidak hanya itu, dibubuhkan tulisan “Bandung 2015” di bagian bawah ikat. Cendera mata itu akan dimasukkan ke dalam kopor kecil sebesar kotak kosmetik yang dibuat di Bandung. Selain memberi cincin batu akik, Kang Emil akan memasukkan batik khas Bandung, wadah buku, dan surat Wali Kota Bandung.

Comments

About author

You might also like

Artikel

Inilah Negara-Negara Paling Lama Waktu Puasanya

Pelaksanaan puasa di berbagai belahan dunia memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah soal waktu puasa yang beragam.

Gaya Hidup

Jangan Tertawa, Nama-Nama Ini Memang Ada

Syahdan Pujangga Inggris, Shakespeare berkata, “what is in a name ?” Apalah artinya sebuah nama, namun kenyataannya nama memang berarti.

Gaya Hidup

iPhone 5c Anti Peluru.

iPhone 5c adalah smartphone kelas menengah besutan Apple yang dirilis pada taun 2013.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply