Batu Giok, Dari Perhiasan, Senjata, Hingga Baju Pemakaman Raja Tiongkok

Batu Giok, Dari Perhiasan, Senjata, Hingga Baju Pemakaman Raja Tiongkok

Dalam kebudayaan Tiongkok, batu giok sudah dikenal ribuan tahun lalu. Pemakaiannya tidak terbatas pada perhiasan semata, bahkan untuk pemakaman !

Batu giok yang dalam bahasa mandarin disebut “YU” merupakan batu penting dalam sejarah kebudayaan Tiongkok yang tidak hanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan ornament dan perhiasan tapi juga untuk menghias senjata karena ketangguhannya.

Batu giok adalah salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu.

Batu giok ada 2 jenis :Nephrite yang mengandung banyak besi dan memiliki range warna dari putih sampai hijau dan Jadeite yang memiliki lebih banyak warna dan lebih keras dariNephrite.

Tiongkok di periode neolitikum menggunakan batu giok jenis Nephrite sebagai bahan untuk membuat ornament dekorasi interior/eksterior dan perlengkapan yang bersifat seremonial.

Salah satu peninggalan sejarah terkenal yang terbuat dari batu giok Nephrite adalah “baju” pemakaman untuk pembesar kerajaan. Ornament-ornament batu giok Nephrite juga biasa dijadikan upeti tahunan wilayah-wilayah kekuasaan dinasti yang memimpin Tiongkok.

Bagi masyarakat Tiongkok, giok memiliki peranan sosial yang tinggi. Tak semata sebagai perhiasan, pemanis jari, tapi semacam simbol sosial yang membedakan strata sosial dalam struktur masyarakat Tiongkok.

Giok banyak ditemukan di daerah sungai Yangtze, di Ningshao, Cina. Selain di daerah itu giok ini juga banyak ditemukan di daerah Liaoning dan Mongolia.

disarikan dari beragam sumber.

About author

You might also like

Gaya Hidup 0 Comments

Mini Racing Adventures: Game Android Karya Anak Bangsa.

Bagi para  pecinta game balapan rasanya wajib mencoba “Mini Racing Adventures”, game berbasis android dan IOS karya Minimo Studio. Pengembang game dari tanah air. Mini Racing Adventures adalah game racing bercampur dengan

Artikel 0 Comments

Ada Makam Kabayan di Situs Gunung Padang ?

Perbincangan tentang situs Gunung Padang tak pernah berhenti. Tim arkeolog banyak menemukan temuan baru, yang tak jarang mengundang tanya. Dua tahun ke belakang situs Gunung Padang cukup menyedot perhatian. Bentuk

Artikel

Sebaiknya Kita Tahu Manfaat Buah Kurma

Jelang bulan suci Ramadhan, salah satu kekhasannya adalah kehadiran buah Kurma. Buah Kurma, selain manis juga mengandung banyak nutrisi.