Beauty of Indonesia-Explore Mentawai

Beauty of Indonesia-Explore Mentawai

Beauty of Indonesia-Explore Mentawai. Salah satu homestay di Mentawai yang menjadi tujuan para Peselancar Dunia

Beauty of Indonesia-Explore Mentawai, ini merupakan salah satu destinasi yang luar biasa di Indonesia. Siloka.com mencoba untuk explore Mentawai sabagai salah satu destinasi wisata unik di Indonesia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki pulau-pulau yang sangat indah. Beauty of Indonesia, untaian zamrud di khatulistiwa merupakan ungkapan yang sangat pas bagi negeri nan elok ini.

Mentawai terletak di provinsi Sumatera Barat. Dengan menempuh perjalanan 1,5 jam dari Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta ke Bandara Internasional Minangkabau atau yang lebih dikenal dengan sebutan BIM oleh masyarakat setempat. Kita diberikan pilihan dengan jalan udara atau dengan jalan laut menuju ke Mentawai.
Kedua moda transportasi tersebut tersedia secara reguler. Menggunakan jalur udara, kita bisa menggunakan penerbangan domestik dari BIM menuju Bandara Rokkot di Pulau Sipora atau dengan menggunakan Kapal dari Pelabuhan Bungus menuju salah satu pulau utama di Mentawai yaitu Sipora, Sikakap atau Siberut.
Mentawai merupakan gugusan pulau-pulau dengan tiga pulau utama tersebut. Perjalanan melalui udara ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dengan biaya sekitar 600 ribu rupiah. Namun penerbangan dari BIM ke Rokkot sampai saat ini hanya tersedia satu kali seminggu. Selain itu tiket pesawat sering sekali habis terjual.

Opsi lainnya adalah dengan menggunakan moda transportasi kapal laut. Pelayaran reguler dapat ditempuh dengan sembilan jam perjalanan. Perjalanan melalui laut sebenarnya cukup nyaman karena penyeberangan ke mentawai selalu pada malam hari. Bagi yang mabok laut cukup tenggak Antimo sehingga bisa tidur selama diperjalanan. Pelayaran ini lebih reguler dan lebih sering. Hampir tiap hari tersedia pelayaran, meskipun ke pulau-pulau yang berbeda.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya terdapat tiga pulau utama di Mentawai. Hampir setiap hari terdapat jadwal kapal penyeberangan dari Bungus ke salah satu pulau di Mentawai. Dengan merogoh kocek sebesar 150 ribu kita sudah bisa menyeberang ke Mentawai. Jika ingin lebih nyaman kita dapat menyewa kamar kelasi kapal sehingga bisa dapat tempat tidur di kabin kapal.

 

Mentawai merupakan surga bagi para peselancar, dengan ombak yang tidak kalah dengan tempat-tempat terkenal seperti Hawaii. Mentawai menyuguhkan atraksi ombak yang menantang bagi para peselancar. Ombak tipe “plunging” yang sangat digemari oleh para peselancar kawakan banyak terdapat di spot-spot surfing Mentawai. Jika merasa cukup piawai dalam bermain selancar dan ingin merasakan ombak kelas peselancar profesional, Mentawai adalah tempat yang harus dikunjungi.

Ombak tipe plunging yang merupakan ombak yang paling dicari oleh Peselancar tingkat dunia di Mentawai

Ombak tipe plunging yang merupakan ombak yang paling dicari oleh Peselancar tingkat dunia di Mentawai

Selain berselancar, mentawai juga menyuguhi kita dengan pantai-pantai yang sangat Indah. Pasir putih yang terbentuk dari pelapukan coral reef, membuat kita betah berlama-lama di pantai ini. Jika kita ingink melihat pantai yang benar-benar memiliki pasir putih, kita dapatkan di Mentawai. Selain itu, kondisi pantai-pantai di Mentawai masih sangat bersih karena belum banyak dikunjungi. Sehingga kita akan mendapatkan pantai yang masih “virgin”. Dalam explore Mentawai ini, siloka.com mencoba mengajak pembaca untuk mengenali lebih jauh potensi wisata di Mentawai.

Mentawai juga memilki potensi pemandangan bawah laut yang indah. Meskipun sebagian sudah banyak yang rusak akibat kegiatan penangkapan ikan dengan cara pengeboman. Aktifis lingkungan yang kebanyakan terdiri dari peselancar saat ini tanpa kenal lelah mencoba meng-edukasi masyarakat setempat untuk menghentikan kegiatan penangkapan ikan dengan cara pengeboman dan racun. Namun, Mentawai masih dapat menyuguhi kita dengan spot-spot diving yang menarik untuk dikunjungi.

Ikan Badut atau Clown fish yang terkenal dari Film Finding Nemo yang bermain di antara Anemon di dunia bawah laut Mentawai

Ikan Badut atau Clown fish yang terkenal dari Film Finding Nemo yang bermain di antara Anemon di dunia bawah laut Mentawai

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup

Dubsmash; Aplikasi yang Sedang Nge-Hits di Tanah Air

Selfie sudah terdengar membosankan hari ini. Semua orang melakukannya dan akhirnya mencapai titik jenuh. Kalau begitu cobalah dubsmash.

Gaya Hidup

Sejarah Sebenarnya Permainan Tiki-Taka Barcelona

Gaya tiki-taka versi terbaru yang lebih pragmatis diperagakan raksasa Catalan Barcelona telah menelan korban terbaru yakni dengan menghancurkan Bayern Muenchen 3-0 tanpa balas di stadium Nou Camp. Isitlah tiki-taka dimulai

Gaya Hidup 0 Comments

Suatu Sore Bersama Gandhi, MLK dan Mandela (2)

Mandela menimpali : “Perjuangan Anda Tuan Gandhi, melintasi ruang dan waktu. Kami di Afrika Selatan juga tidak bisa dipisahkan dari pengaruh Tuan. Ini saya tegaskan dalam artikel saya “The Sacred