Boen Tek Bio, Tempat Wisata di Tangerang yang Masih Jarang Diketahui

Kita pasti tidak akan menyangka jika tempat wisata di Tangerang tidak semuanya modern, seperti mall atau waterboom saja. Di sana juga ada kok tempat wisata yang memiliki nilai sejarah. Namanya, Boen Tek Bio.

Boen Tek Bio adalah sebuah kelenteng yang berada di kawasan Pasar Lama – Kota Tangerang. Bangunan bersejarah yang merupakan tempat ibadah ini berdiri di kota yang mulai dipenuhi bangunan-bangunan tinggi.

Daya Tarik Boen Tek Bio

Tidak sedikit wisatawan yang datang mengunjungi Boen Tek Bio karena alasan penasaran. Sebagian berkunjung secara tidak sengaja lewat, sehabis dari Pasar Lama. Sebagian lagi sengaja datang karena sudah tahu tempat ini bisa dikunjungi oleh siapa saja, tidak terbatas apapun agamanya.

Hal yang bikin penasaran dari Boen Tek Bio antara lain keindahan bangunannya, berbagai elemen penuh makna yang digunakan dalam bangunan, serta barang-barang bersejarah yang ada di dalamnya.

Boen Tek Bio memiliki ciri khas bangungan kelenteng pada umunya. Nuansa Oriental sangat kental. Bedanya, di dalam ruang utama kelenteng terdapat altar berisi rupang Dewa Bumi (Hoek Tek Tjeng Sien). Dewa ini dipercaya mampu memberikan berkah bagi para petani dan pedagang untuk hasil panen dan kemajuan usaha.

Altar tempat Dewa Bumi ini dihiasi oleh ukiran kayu bertuliskan huruf Tionghoa yang indah. Tidak ketinggalan hiasan bergambar naga pun tergantung di sana, bahkan hampir di setiap penjuru kelenteng. Selain membuat bangunan semakin berciri khas Tiongkok, gambar naga juga memiliki arti spiritual sendiri bagi orang Tionghoa.

 

Gaya arsitektur khas Tiongkok di Boen Tek Bio.
[indonesiakaya.com]

Sedangkan pada bagian depan kelenteng, terdapat rupang Mi Le Fo atau Bi Lek Hud yang merupakan Maitreya, Dewa Yang Maha Pengasih dan Penolong. Dewa ini dipercaya akan memberikan kebahagiaan dan kekayaan. Apabila percaya, tidak ada salahnya kita sekalian wisata sambil berdoa di sini.

Elemen lain yang merupakan hiasan dengan arti spiritual tertentu yang bisa kita temukan di sini adalah Hiolo yang menghiasai altar utama kelenteng Boen Tek Bio. Hiolo yang terbuat dari kuningan ini sudah ada sejak tahun 1805 dan dilatari oleh rupang Bie Lek Hud. Hiolo sendiri merupakan tempat dimana kita menancapkan hio yang sudah di bakar. Bentuknya bulat dan dikelilingi ukiran naga.

Menurut sumber, beberapa benda bersejarah yang dapat kita lihat di sini antara lain Genta (lonceng), Singa Batu (Cioh Sai), Thian Sin Lou (Thian Gong Loun), Tambur Batu (Cioh Kou), Tambur Pembakar Kertas, Sam Kai Lou, Hio Lou Sakyamun Buddha, Hio Lou Kwan Im, Hio Lou Hok Tek Ceng Sin, Hio Lou Kwan Seng Tee Kun, dan Hio Lou Kwan Im Hud Couw. Semua benda bersejarah nan antik ini merupakan aset berharga yang berasal dari jaman dulu, baik peninggalan maupun sumbangan umat di masanya.

Tips ke Tempat Wisata di Tangerang, Boen Tek Bio

Walaupun tempat wisata di Tangerang ini sangat terbuka bagi umum, sebaiknya kita tetap bertanya pada penjaga, apakah kita diperkenankan masuk atau tidak pada kesempatan tersebut. Dikhawatirkan jika kita masuk begitu saja, di dalam sedang ada kegiatan ibadah yang akan terganggu dengan kedatangan kita tersebut. Seperti halnya dalam mengambil foto, jangan sembarangan mengambil!

Dan yang terakhir, jika kita ingin melihat keseruan di kelenteng ini, kita bisa datang saat ada upacara-upacara besar. Seperti acara Gotong Toapekong. Pada acara ini ada arak-arakan dan dihadiri oleh berbagai perwakilan kelenteng dari seluruh Indonesia.

About author

You might also like

Foto

Berminat Traveling ke Korea Utara?

Korea Utara adalah salah satu negara di dunia yang paling ter-isolasi. Jadi, seperti apa rasanya traveling di Korea Utara?

Gaya Hidup 0 Comments

Vision, Karakter Baru di Avengers Age of Ultron.

Sejak rumor kemunculan film “Avengers: Age of Ultron”, ramai perbincangan mengenai karakter yang akan muncul dalam film ini. Salah satunya adalah Vision, terutama semenjak Marvel Studio merilis trailer ke-3. Sambil menunggu penayangan

Nasional

Wow ! Militer Indonesia Ternyata Terkuat di Asia Tenggara

Siapa bilang tentara kita lemah ? Sebagian beralasan karena persenjataan kita kalah canggih dibanding negara lain, namun itu bukan faktor penentu.