Bulan Juni Adalah Bulannya Bung Karno

Bulan Juni Adalah Bulannya Bung Karno

Bung-Karno

Tak berlebihan kiranya, jika bulan Juni ini menjadi bulannya Bung Karno (BK). Moment-moment penting dalam kehidupan si Bung ada di Bulan ini.

Hari ini, 6 Juni merupakan kelahiran “Sang Putra Fajar.” Di juluki Sang Putra Fajar, karena Bung Karno lahir pada, 6 Juni, menjelang terbitnya sang mentari.

Sang Putra Fajar juga menjadi julukan karena kelahiran BK bisa dikatakan menandai berakhirnya abad 19, dan memasuki abad yang baru, abad 20.

Bung Karno lahir di Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1901 dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dengan Ida Ayu Nyoman Rai.

Semenjak muda, Bung Karno sudah menunjukan bakatnya sebagai pemimpin. Apalagi setelah terasah di kostan H.O.S.Tjokroaminoto.

Interaksinya dengan tokoh-tokoh politik yang lebih senior, seperti Tjipto Mangunkusumo, Eduard Douwes Dekker dan lainnya semakin mematangkan jiwa kepemimpinannya.

1soekarno5

Bung Karno menitik karier politiknya dari bawah, menjadi pemimpin partai di usia 26 tahun dengan mendirikan Partai Nasional Indonesia.

Ia beberapa kali dijebloskan ke penjara seperti Bantjeuy, penjara Sukamiskin. Ia juga diasingkan, Ke Endeh, Flores, Bengkulu dan lainnya.

Pada 17 Agustus 1945, bersama Bung Hatta, Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari cengkeraman penjajah. Ia adalah proklamator yang tak tergantikan perannya.

Perjuangan BK ini menempatkannya sebagai Presiden Republik Indonesia pertama, sekaligus salah seorang Founding Father negeri ini.

Ia juga seorang ideolog. Melalui pemikirannya, digalilah Pancasila, dasar negara kita. Peristiwa “kelahiran” Pancasila ini kita peringati setiap 1 Juni.

Hari Minggu, masih di bulan Juni, yakni 21 Juni 1970 Presiden Soekarno meninggal dunia di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) Gatot Subroto, Jakarta.

Presiden Soekarno disemayamkan di Wisma Yaso, Jakarta dan kemudian dimakamkan di Blitar, Jawa Timur berdekatan dengan makam ibundanya, Ida Ayu Nyoman Rai. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan masa berkabung selama tujuh hari.

 

Disarikan dari beragam sumber

About author

You might also like

Artikel

Konsumsi Serangga Kian Populer di Berbagai Negara

  Mungkin sulit membayangkan sarapan pagi Anda atau makan siang Anda adalah belalang, ulat atau kecoa ! Namun, hal itu sudah lumrah di beberapa negara ini. Tentu kita mengenal negara

Gaya Hidup

Jangan Remehkan Menu Sahur Anda !

Puasa menjadi kewajiban bagi muslim yang sudah memasuki akil baligh. Namun ritual ini yang sering dilewatkan, yakni sahur.

Jalan-Jalan

Rara Jongrang, Bandung Bandawasa dan 999 Candi Itu

Pernah ke Candi Prambanan ? Sekali dalam seumur hidup Anda perlu berkunjung ke sana. Selain sarat sejarah, ada mitos yang berkembang di belakangnya.