Cari Jaket Kulit ? Mampir Saja Ke Sukaregang Garut

Cari Jaket Kulit ? Mampir Saja Ke Sukaregang Garut

Garut tidak hanya melulu soal dua “D”, dodol dan domba. Salah satu potensi hebat Garut adalah kerajinan kulitnya.

Bahkan, Garut adalah salah satu produsen jaket kulit terbaik di Indonesia. Penunjang produk jaket kulit di Garut dihasilkan dari pusat peternakan domba yang tersebar di seluruh Kabupaten Garut.

Jika Anda tertarik dengan jaket kulit ini, datang saja ke sentra kerajinan jaket kulit Garut, di Sukaregang. Letaknya tak jauh dari pusat Kota Garut. Sentra kerajinan jaket kulit ini sudah cukup terkenal, bahkan sampai ke mancanegara.

Ini bisa dilihat dari banyaknya produk jaket kulit Garut yang diekspor ke luar negeri. Desain dan motif yang digunakan pada jaket kulit Garut sangat beragam dan modern. Tidak monoton itu-itu saja, jadi selalu menarik untuk dilihat dan dibeli.

jaket kulit

Kerajinan kulit di Garut bermula ketika tahun 70-an, daerah Sukaregang hanya dihuni oleh beberapa perajin kulit. Tapi, karena kualitas dan harga yang terjangkau, masyarakat pun memilih produk yang dihasilkan para perajin yang berada di Jalan Gagak Lumayang ini. Hal tersebut berimbas dengan semakin banyaknya perajin yang membuka kios dan toko di area Sukaregang.

Variasi produk olahan berbahan dasar kulit, mulai dari jaket, sepatu, tas, hingga dompet, dapat dengan mudah ditemukan di area Sukaregang. Harga yang ditawarkan pun bervariatif. Tergantung ukuran, motif, dan warna yang digunakan dalam produk kulitnya. Di sentra kulit ini, Anda juga bisa memesan sesuai model yang disukai.

Jangan takut dengan kulit yang tidak asli (imitasi). Mayoritas perajin yang berada di wilayah Sukaregang menggunakan kulit asli. Bahan dasar kulit tersebut didapatkan dengan mudah di wilayah Garut. Kulit domba, sapi, dan kerbau menjadi bahan yang paling sering digunakan para perajin Sukaregang.

Tiap-tiap jenis kulit digunakan untuk keperluan yang berbeda, disesuaikan dengan karakter setiap jenis kulit. Kulit domba yang bertekstur lembut, misalnya, biasa digunakan sebagai bahan jaket. Sementara, kulit sapi dan kerbau yang bertekstur lebih keras sering digunakan untuk membuat sepatu, tas, hingga ikat pinggang.

disarikan dari beragam sumber.

About author

You might also like

Hits

Jutaan Batu Akik Terhampar di Pantai Ini !

Bagaimana jika pantai tempat anda berwisata tidak berpasir putih seperti yang dibayangkan, tapi terhampar jutaan batu akik?

Artikel

Suasana Idul Fitri Zaman Baheula di Bandung (2-tamat)

Penentuan awal puasa dan lebaran tahun ini semoga tidak menjadi polemik. Daripada mengedepankan perbedaan, mari utamakan persatuan.

Nasional

#RIPAngeline Bertahan Di Trending Topic

Beberapa jam setelah kabar berita ditemukannya jasad Angeline, bocah 8 tahun yang dikabarkan hilang semenjak 16 Mei 2015, jagad maya langsung dihebohkan oleh pemberitaan Angelina, tagar #RIPAngeline bertahan di puncak trending