Celana Dalam Bergembok, Pencegah Perselingkuhan

Celana Dalam Bergembok, Pencegah Perselingkuhan

Cupeng, Celana Dalam Begembok dari Aceh

Cupeng, Celana Dalam Begembok dari Aceh

Berbuat serong atau selingkuh menjadi kekhawatiran banyak pasangan, solusinya ? Pakaikan gembok pada celana dalam pasangan Anda !

Kekhawatiran istri tidak setia atau diculik lelaki lain membuat orang berpikir bagaimana caranya agar para istri tidak selingkuh. Para suami juga takut jika mereka sedang bepergian jauh untuk masa yang lama, istri-istri mereka akan dilirik oleh lelaki lain dan dibawa kabur. Solusi yang leluhur kita pikirkan mungkin terbilang aneh, namun dalam beberapa hal ini efektif untuk mencegah perselingkuhan.

Solusi itu adalah menciptakan celana dalam. Tetapi bukan sembarang celana dalam. Yang dimaksud adalah celana dalam bergembok, lengkap dengan kuncinya ! Dan yang pasti kunci tersebut dipegang suaminya atau pegawai yang ditunjuk sang suami.

Celana dalam bergembok ditemukan dalam kebudayaan di Eropa juga di Timur dengan beragam nama atau sebutan. Di Aceh, disebut juga dengan Cupeng. Cupeng adalah semacam celana dalam bergembok atau berkunci yang terbuat dari lempengan emas atau perak ini yang merupakan penutup kemaluan wanita dan dikenakan sehari-hari untuk gadis-gadis muda dari kalangan bangsawan. Jadi, selain sebagai benda budaya, juga menunjukkan bahwa kaum wanita sudah mendapat perhatian khusus sejak lama.

Istilah Cupeng ini dikenal di Aceh, Pada awalnya cupeng merupakan benda upacara yang dipakai oleh anak wanita kecil. Fungsinya adalah sebagai penutup kelamin. Bentuknya seperti hati dan pemasangannya diikat dengan benang pada perut si anak. Salah satu artefak yang terkenal berbahan emas 22 karat, berukuran tinggi 6,5 sentimeter, dan lebar 5,8. Bahan Cupeng ini ada yang terbuat dari perak atau Emas, tergantung si pemiliknya. Yang terbuat dari emas menunjukkan si pemiliknya dari keluarga terpandang.

Selain di Indonesia, cupeng juga dikenal di Semenanjung Malaysia. Di sana disebut caping. Diduga, caping diperkenalkan ke wilayah Asia Tenggara oleh pedagang-pedagang India pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya, dari abad ke-7 hingga ke-12.

Di Malaysia, caping sangat populer di daerah utara, selatan, dan pantai timur Malaysia. Adapun di Indonesia, cupeng banyak dipakai oleh penduduk Melayu sekitar pantai timur Sumatera, Dayak, Bugis, Makassar, dan Aceh.

Badong, Celana Dalam Bergembok versi Majapahit

Badong, Celana Dalam Bergembok versi Majapahit

Hampir serupa dengan cupeng adalah badong. Badong merupakan perhiasan untuk wanita bangsawan atau tokoh yang dihormati. Badong adalah nama lain Cupeng di Majapahit.

Penggunaannya diletakkan di luar kain, tepat di depan alat kelamin wanita. Badong adalah simbol bagi wanita yang telah menikah dan dipakai pada saat suami mereka sedang berperang atau sedang berada di luar rumah. Peninggalan masa lalu yang salah satu fungsinya adalah untuk penangkal perselingkuhan.

Badong juga digunakan oleh para pertapa atau pendeta wanita. Maksudnya untuk melawan godaan agar selamanya tidak melakukan hubungan intim dengan lawan jenis.
Di Barat budaya menggembok celana dalam juga ternyata ada. Sebutan untuk celana dalam jenis ini adalah “sabuk florentin.” Itu karena Florence asal dari alat itu.

Celana dalam bergembok ini menyebar di Venesia, Padua, Como, dan Bergamo. Dan kelak meluas hampir ke seluruh Eropa. Wanita-wanita Romawi dan istri orang-orang kaya di Milano semuanya mengenakan alat ini. Terbuat dari emas dan perak, dihiasi batu-batu permata mahal.

Disarikan dari beragam sumber

Comments

About author

You might also like

Makanan

Kota Padang Bakal Jadi Tuan Rumah Festival Sate dan Soto Nusantara

Bagi masyarakat Indonesia, sate dan soto menjadi kuliner khas yang tak boleh dilewatkan. Kuliner ini sudah menjadi ikon kuliner tradisional.

Tokoh

Si Jalak Harupat

Fotonya memang menghiasi uang pecahan Rp.20.000,- Namun, sepak terjang Pahlawan satu ini seolah terlupakan. Padahal Ia adalah tokoh besar pada masanya. Siapakah Ia sebenarnya ? Selepas Proklamasi, Ia pernah didapuk

Artikel

Penampakan Supermoon Berdarah di Dunia

Sebagian besar penduduk bumi menyaksikan peristiwa langka “gerhana supermoon”, ketika gerhana bulan berlangsung bersamaan dengan supermoon.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply