Charlie Chaplin Pernah Mampir Ke Garut Dua Kali

Charlie Chaplin Pernah Mampir Ke Garut Dua Kali

Garut ternyata sudah kesohor sejak zaman baheula. Pemandangan alamnya nan eksotik telah memukau banyak orang, salah satunya Charlie Chaplin.

Mungkin generasi zaman sekarang tidak terlalu mengenal siapa Charlie Chaplin. Namun, Ia adalah aktor terkenal ketika film bisu masih diputar di bioskop-bioskop dunia. Aktor peraih Academy Award ini pernah dua kali datang ke Indonesia dan dua-duanya sempat menginap di Garut. Kunjungan pertama aktor serbabisa ini ke Garut terjadi pada tahun 1927. Dia datang bersama artis asal Kanada, Mary Pickford. Kedatangan keduanya, Maret 1932, ditemani kakak Chaplin, Sydney Chaplin.

Pada kunjungan pertamanya,  tujuan utama Chaplin adalah Kota Bandung. Selama beberapa hari di kota kembang, Chaplin mengunjungi Gedung Sate dan beberapa tempat lainnya. Bintang Hollywood ini menginap di Hotel Savoy Homann.

Dari Bandung, Chaplin naik kereta api ke Garut dan berhenti di Stasiun Kereta Cibatu di utara Garut. Pada masanya, Cibatu adalah stasiun besar. Dalam buku Seabad Grand Hotel Preanger 1897-1997 yang ditulis Haryoto Kunto, antara tahun 1935-1940, selusin taksi dan limusin diparkir di Stasiun Cibatu. Taksi dan limusin ini milik hotel-hotel di Garut, di antaranya Hotel Papandayan, Villa Dolce, Hotel Belvedere, Hotel Van Hengel, Hotel Bagendit, Villa Pautine, dan Hotel Grand Ngamplang. Saat itu, dengan kondisi alamnya yang indah, Garut memang merupakan daerah favorit wisatawan Eropa

Saat di Garut, Chaplin menginap di Hotel Grand Ngamplang, kurang lebih satu kilometer dari Garut kota ke jalan  menuju  Tasikmalaya. Tempat ini merupakan sebuah perbukitan yang sejuk, 900 meter di atas permukaan laut.

Kisah kunjungan Chaplin ke Garut itu secara turun-menurun hidup dan tertanam di benak warga Garut, bahkan terjadi kehebohan ketika Chaplin tiba di Stasiun Garut tersebut.

Itulah sekelumit cerita tentang Garut. Tokoh sekaliber Charlie Chaplin pun menyempatkan dirinya berwisata di Garut yang terkenal indah, bagaimana dengan Anda ? Sudahkah anda berkunjung ke Garut ?

disarikan dari beragam sumber.

 

 

Comments

About author

You might also like

Budaya

Masjid Cipari Garut, Masjid Berasitektur Mirip Gereja

Biasanya sebuah bangunan, apalagi fungsinya sebagai tempat ibadah mencirikan arsitektur khas yang berbeda dari tempat lainnya.

Artikel

Kalau Presiden RI Bengkak Kakinya (1)

Cerita ini adalah tentang keseharian Bung Karno yang diceritakan anaknya, Guntur Soekarnoputra dalam bukunya “Bung Karno Bapakku, Kawanku, Guruku.”

Gaya Hidup

Ini Dia Pemegang Rekor Onani Sejak 2008 !

Lomba Marathon, lomba senam? Mungkin tidak terdengar aneh. Pernah terbayangkan jika onani dilombakan?