Definisi Cantik Menurut Budaya (1)

Definisi Cantik Menurut Budaya (1)

definisi-cantik

Apa yang membuat kita melontarkan kata “cantik” kepada kaum hawa ? Apa yang menjadi tolok ukur ? Apa sesungguhnya definisi cantik atau kecantikan itu sendiri ?

Mungkin tanpa kita sadari, “cantik” atau “kecantikan” sesungguhnya telah menjadi tema umat manusia. Disebut tema umat manusia, karena sepanjang umur manusia, kecantikan tidak pernah habis diperbincangkan.Seperti kata penyair Timur Tengah, Kahlil Gibran, “Kecantikan merupakan pembicaraan yang tak habis-habisnya, seperti nyanyian danau yang menarik anak-anak sungai dari kedalamannya dan membuatnya tenang.” Memang demikianlah adanya.

Tema kecantikan telah menjadi concern semenjak dahulu, baik di Barat dan Timur. Di Barat, khususnya di dalam mitologi Yunani, kita mengenal Aphrodite. Di Romawi, dewi yang setara dengan Aphrodite adalah Venus. Keduanya adalah dewi kecantikan menurut versi mereka. Sedangkan di Timur, Mesir dan India dapat dijadikan contoh. Dua kebudayaan Timur tertua ini juga mengenal kecantikan lengkap dengan dewi-dewinya. Jika di Mesir kita mengenal Hathor, di anak benua India, kita mengenal Lakshmi. Yang terakhir  ini, selain dikenal sebagai dewi kecantikan, juga dipuja sebagai dewi keberuntungan atau kesejahteraan.

Betapapun kita dicecar dan dibombardir media mengenai arti kecantikan, namun sejatinya kita tidak dapat menampilkan satu definisi yang tunggal mengenai kata “cantik.” Bahkan untuk yang sifatnya lahiriah atau fisik ! Lihat saja beragam kebudayaan memunyai beragam definisi kecantikan yang sifatnya lahiriah. Bagi bangsa Jepang,  kunci kecantikan seorang perempuan terletak pada kulitnya. Mereka yang disebut cantik berarti memiliki kulit lembut dan putih. Untuk menghasilkan kulit semacam ini kaum perempuan di sana mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung collagen. Zat ini dipercaya mengandung protein utama pembentuk kulit.

 

 

About author

You might also like

Hits

Yeah ! Bon Jovi Siap Mengguncang GBK Malam Ini

Dua dekade berlalu, semenjak 1995, band asal New Jersey ini kembali ke Indonesia, dan malam ini Bon Jovi Menggebrak GBK !

Artikel 1Comments

Jenis Batu Akik Indonesia Yang Paling Dicari Kolektor

Demam batu akik terus bergulir. Di momen KAA (Konferensi Asia Afrika ) 2015 kemarin, batu akik lebih diangkat pamornya. Adalah Ridwan Kamil, sang Walikota Bandung yang hendak memberikan cinderamata berupa

Hits

Cipanas Garut, Pemandian Air Panas Eksotik di Kaki Gunung Guntur

Hanya 2 jam perjalanan dari Bandung, kita bisa menikmati pemandian air panas alami di Cipanas, Garut, di kaki Gunung Guntur.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply