Definisi Cantik Menurut Budaya (2)

Definisi Cantik Menurut Budaya (2)

audrey-hepburn

 

Sementara bagi bangsa Cina kuno, mereka mempunyai mitos bahwa perempuan yang cantik adalah perempuan yang memiliki kaki mungil atau yang dikenal dengan kaki seroja (lotus feet).

 

Karena itu, orang tua Cina pada masa itu membebat kaki anak perempuannya semenjak balita agar kelak menjadi mungil dan jenjang. Selama berabad-abad praktek ekstrem yang menyakitkan ini dilakukan, dan berhasil dihentikan ketika rezim komunis berkuasa.

Lain di Cina, lain pula di Burma dan Thailand. Menurut suku Kayan yang bermukim di kedua negara tersebut, perempuan yang cantik adalah perempuan yang memiliki leher yang panjang layaknya binatang Jerapah. Untuk menciptakannya, semenjak kecil anak perempuan suku Kayan harus mengenakan gelang yang melingkari leher dan jumlah gelang tersebut semakin bertambah seiring bertambahnya usia mereka.

Bagaimana dengan di tanah air ? Rupanya khazanah kecantikan versi suku Dayak tak kalah ekstrem. Di sana, perempuan cantik adalah perempuan yang memiliki telinga panjang. Semakin panjang dan semakin banyak bandul yang menggantung di telinga sang perempuan, maka semakin cantiklah perempuan itu dianggapnya.

Jadi, apakah kecantikan itu sendiri ? Seperti putri-putri keraton yang ayu dan lemah gemulai atau seperti mojang Priangan yang putih dan langsing ? Semuanya relatif. Se-relatif pandangan setiap adat dan budaya dalam memandang kecantikan itu sendiri. Yang terpenting tentunya tidak merugikan kaum hawa.

 

Comments

About author

You might also like

Hits

Tatapan Aktris Tiongkok Zhao Wei Memicu Gugatan Karena Merusak Otak

Aktris Tiongkok Zhao Wei digugat penonton karena tatapan matanya memicu kerusakan otak.

Gaya Hidup

Hidup Sehat Dengan Donor Darah

Jangan jadikan rasa takut pada jarum suntik sebagai penghalang untuk mendapatkan hidup sehat.

Jalan-Jalan 0 Comments

Teropong Bintang Bosscha Lembang

Ingin melihat bintang atau bulan ? Anda tidak perlu menjadi Neil Armstrong atau jauh-jauh bepergian ke sana. Tengok saja Observatorium Bosscha di Lembang. Jika langit sedang cerah, anda dapat melihat

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply