Warisan Dunia dengan Kondisi Mengkhawatirkan (1)

Warisan Dunia dengan Kondisi Mengkhawatirkan (1)

Pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan yang sangat menjanjikan bagi setiap daerah bahkan negara. Banyak sekali dampak positif yang mampu didapat dari sektor pariwisata. Kini, setiap negara berlomba dalam meningkatkan jumlah wisatawan.

Beberapa tahun belakangan ini timbul perdebatan mengenai pembatasan jumlah wisatawan. Ini dikarenakan pengelolaan pariwisata yang tidak tepat dapat menjadi boomerang yang akan merugikan lokasi wisata itu sendiri.

Berikut adalah beberapa lokasi wisata populer di dunia yang terancam hancur menurut versi Siloka.com;

Tembok Besar China
Tembok sepanjang 8.851 kilometer ini mulai dibangun sekitar tahun 700 SM, yaitu sebelum zaman Dinasti Qin. Tembok Besar China merupakan batas perkotaan sekaligus benteng pertahanan yang kokoh dari serangan musuh.

Kokoh dari serangan musuh, ternyata Tembok Besar -yang terlihat dari luar angkasa, hancur perlahan oleh ‘serangan’ wisatawan. Saat ini 30% dari Tembok Besar hancur karena erosi dan juga ulah tidak bertanggung jawab para wisatawan seperti ukiran tulisan, semprotan cat, vandalisme serta graffiti.

Tembok Besar China.

Vandalisme pada Tembok Besar China.

 

Angkor Wat, Kamboja
Situs bersejarah kompleks candi Angkor Wat dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12. Proses pembangunan kuil dengan gaya klasik arsitektur Khmer ini dilakukan selama 30 tahun.

Lebih dari 2 juta wisatawan mengunjungi Angkor Wat setiap tahunnya, pemandangan mentari terbit di Angkor Wat begitu mempesona hingga membuat para wisatawan rela berdesakan untuk mendapat hasil gambar terbaik. Namun entah sengaja atau tidak hal ini menyebabkan para wisatawan melakukan tindakan buruk seperti menginjak candi, patung dan benda-benda lain di lokasi kuil.

Angkor Wat. Kamboja

Angkor Wat, Kamboja.

 

Taj Mahal, India.
Bangunan ini telah menjadi ciri khas India sejak dulu kala. Taj Mahal adalah simbol cinta abadi dari kaisar Mughal Shah-Jahan pada istri ketiga-nya, Mumtaz ul-Zamani dari Persia. Pasca kematian istri yang paling dicintainya, Shah-Jahan berjanji untuk tidak menikah lagi dan akan membangun makam termegah diatas kuburannya; Taj Mahal.

Simbol cinta abadi yang berdiri sejak pertangahan abad ke-17 ini dikunjungi oleh 4 juta wisatawan setiap tahunnya. Menurut para ahli, tingginya deforestasi untuk pembangunan hotel-hotel dan pembuangan limbah industri menyebabkan penurunan level air sungai Yamuna. Akibatnya, pondasi kayu yang menopang bangunan menjadi tidak stabil sehingga timbul retakan dan kerusakan lainnya pada Taj Mahal.
taj_mahal_india

 

Maasai Mara, Kenya, Afrika
Area terbuka seluas 1500 kilometer persegi ini adalah habitat dari berbagai macam satwa liar Afrika. Singa Maasai, Macan Tutul Afrika, Cheetah Tanzania, Zebra, Antelop Gazelle, Gajah Afrika, Wildebeest, Banteng Afrika dan Badak Hitam, semua tinggal disini.

Kehidupan liar Afrika yang alami ini menjadi daya tarik utama bagi banyak orang didunia untuk melihatnya secara langsung. Hal ini menjadikan Maasai Mara National Reserve sebagai salah satu sumber pendapatan paling penting bagi Kenya.

Tingginya minat wisatawan untuk berkunjung ke Maasai Mara membuat para investor tertarik untuk membangun infrastruktur pariwisata seperti hotel, pondokan, hingga tenda-tenda sebagai tempat menginap bagi para wisatawan. Pembangunan-pembangunan ini sangat menjanjikan jika hanya dilihat dari sudut pandang ekonomi. Tapi pembangunan ini memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan, habitat hewan dan juga kehidupan warga asli suku Maasai yang hidup semi-nomaden.
Beberapa peneliti alam liar mengungkapkan bahwa pembangunan pondokan serta tenda-tenda penginapan ini mengganggu dan mengubah jalur migrasi satwa-satwa liar Afrika.*

Maasai Mara National Reserve, Kenya.

Maasai Mara National Reserve, Kenya.

(… bersambung)

Comments

About author

You might also like

Tokoh

Ilmuwan Peraih Nobel “A Beautiful Mind” Wafat dalam Kecelakaan

Masih ingat dengan film “A Beautiful Mind” yang diperankan aktor Russel Crowe?

Artikel

Milyarder China Sewa Artis Porno Menjadi Asisten Pribadinya !

Anda penikmat film-film dewasa dari negeri Sakura ? Siap-siap saja Anda kecewa, karena idola Anda sudah disewa orang lain. Seorang miliader dari China misterius yang tak diketahui nama dan wajahnya

Foto

Warisan Dunia dengan Kondisi Mengkhawatirkan (2-tamat)

Objek wisata warisan dunia tentu saja menjadi objek wisata favorit. Bagaimana dampak pariwisata pada situs2 bersejarah?