Di Manakah Letak Ibu Kota Kerajaan Majapahit ?

Di Manakah Letak Ibu Kota Kerajaan Majapahit ?

Nusantara dahulu mempunyai 2 kerajaan Maritim yang besar, yakni Sriwijaya dan Majapahit. Majapahit bahkan kerajaan terbesar se-Asia Tenggara.

Majapahit merupakan kerajaan besar. Cakupan wilayahnya melebihi Indonesia sekarang. Selama hampir 2 abad, Majapahit membangun alur sejarahnya dan membawa harum Nusantara. Kita ingat pelajaran semasa di bangku sekolah dulu, di mana Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada dengan “Sumpah Palapa” nya berniat menyatukan Nusantara. Dengan segala kehebatannya,  di manakah sisa-sisa istana Majapahit ?

Letak lokasi kerajaan Majapahit diyakini berada di wilayah kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto – Jawa Timur. Namun, peninggalan-peninggalan kerajaan Majapahit cukup banyak tersebar di wilayah Mojokerto, Kediri dan Jombang.

Tiga Kali Pindah

Seperti halnya kerajaan pada umumnya, kerajaan Majapahit juga memiliki ibukota. Ibukota Majapahit sendiri sudah tiga kali berpindah tempat. Ketiganya terjadi di masa pemerintahan yang berbeda – beda, antara lain:

1. Pemerintahan Raden Wijaya

Raden Wijaya memerintah sampai tahun 1305 Masehi. Pada masa ini, ibukota Majapahit terletak di pelabuhan Canggu – Mojokerto. Tepatnya adalah di sebuah delta dari sebuah bengawan. Istana Majapahit pada jaman ini terletak menghadap bengawan tersebut. Sehingga istana ini memiliki pemandangan yang sangat menarik.

2. Pemerintahan Jayanegara

Masa pemerintahan Jayanegara adalah pada kisaran tahun 1305 – 1478 Masehi. Pada masa ini, pusat pemerintahannya terletak di Desa Trowulan. Desa ini terletak di perbatasan kota Mojokerto dan Jombang.

3. Pemerintahan Dinasti Girindrawardhana

Masa pemerintahan ini dimulai dari berkuasa Bhre Hyang Purwawisesa pada 1478 masehi dan berakhir pada 1519 Masehi ketika Dyah Rana Wijaya turun tahta. Pada masa keluarga bangsawan ini, ibukota kerajaan ini terletak di wilayah Kediri.

Memang kenyataannya banyak versi yang beredar. , namun sebagian besar antropologis, arkeolog, ilmuwan, dan ahli budaya percaya bahwa letak kerajaan Majapahit yang sebenarnya adalah di daerah Trowulan dan sekitarnya. Sebab, di daerah ini lah yang paling banyak ditemukan benda – benda yang berhubungan dengan kerajaan ini, misalnya artefak, prasasti, dan berbagai konstruksi bangunan seperti candi – candi, makam, maupun gapura.

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Jalan-Jalan 0 Comments

5 Tujuan Wisata di Yogyakarta (2)

  Cinderamata Banyak sekali barang-barang souvenir atau cinderamata etnik Yogyakarta yang sering diburu pengunung, yakni perak di Kota Gede.Dengan biaya yang terjangkau dan beraneka ragam model dengan kualitas terjamin, menjadikan

Artikel

Abah Edong, Pancawarna dan Garut

Gaung batu akik tidak begitu kuat lagi, namun kini Garut dikenal sebagai penghasil batu akik berkualitas, salah satunya pancawarna. 

Lingkungan

Harta Karun di Perairan Indonesia Diperkirakan Bernilai 127,6 Triliun ! (3-tamat)

Selain ikan dan minyak bumi, muatan harta karun dari kapal-kapal karam yang disinyalir berjumlah jumlah ratusan !