Di Manakah Letak Ibu Kota Kerajaan Majapahit ?

Di Manakah Letak Ibu Kota Kerajaan Majapahit ?

Nusantara dahulu mempunyai 2 kerajaan Maritim yang besar, yakni Sriwijaya dan Majapahit. Majapahit bahkan kerajaan terbesar se-Asia Tenggara.

Majapahit merupakan kerajaan besar. Cakupan wilayahnya melebihi Indonesia sekarang. Selama hampir 2 abad, Majapahit membangun alur sejarahnya dan membawa harum Nusantara. Kita ingat pelajaran semasa di bangku sekolah dulu, di mana Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada dengan “Sumpah Palapa” nya berniat menyatukan Nusantara. Dengan segala kehebatannya,  di manakah sisa-sisa istana Majapahit ?

Letak lokasi kerajaan Majapahit diyakini berada di wilayah kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto – Jawa Timur. Namun, peninggalan-peninggalan kerajaan Majapahit cukup banyak tersebar di wilayah Mojokerto, Kediri dan Jombang.

Tiga Kali Pindah

Seperti halnya kerajaan pada umumnya, kerajaan Majapahit juga memiliki ibukota. Ibukota Majapahit sendiri sudah tiga kali berpindah tempat. Ketiganya terjadi di masa pemerintahan yang berbeda – beda, antara lain:

1. Pemerintahan Raden Wijaya

Raden Wijaya memerintah sampai tahun 1305 Masehi. Pada masa ini, ibukota Majapahit terletak di pelabuhan Canggu – Mojokerto. Tepatnya adalah di sebuah delta dari sebuah bengawan. Istana Majapahit pada jaman ini terletak menghadap bengawan tersebut. Sehingga istana ini memiliki pemandangan yang sangat menarik.

2. Pemerintahan Jayanegara

Masa pemerintahan Jayanegara adalah pada kisaran tahun 1305 – 1478 Masehi. Pada masa ini, pusat pemerintahannya terletak di Desa Trowulan. Desa ini terletak di perbatasan kota Mojokerto dan Jombang.

3. Pemerintahan Dinasti Girindrawardhana

Masa pemerintahan ini dimulai dari berkuasa Bhre Hyang Purwawisesa pada 1478 masehi dan berakhir pada 1519 Masehi ketika Dyah Rana Wijaya turun tahta. Pada masa keluarga bangsawan ini, ibukota kerajaan ini terletak di wilayah Kediri.

Memang kenyataannya banyak versi yang beredar. , namun sebagian besar antropologis, arkeolog, ilmuwan, dan ahli budaya percaya bahwa letak kerajaan Majapahit yang sebenarnya adalah di daerah Trowulan dan sekitarnya. Sebab, di daerah ini lah yang paling banyak ditemukan benda – benda yang berhubungan dengan kerajaan ini, misalnya artefak, prasasti, dan berbagai konstruksi bangunan seperti candi – candi, makam, maupun gapura.

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup 1Comments

6 Perairan Jernih di Dunia.

6 Destinasi wisata air yang memikat hati dengan kebersihan dan kejernihan airnya. Hampir mustahil rasanya di zaman sekarang ini untuk melihat perairan yang bersih dengan air yang jernih. Maraknya industri

Napak Tilas 0 Comments

Celana Dalam Bergembok, Pencegah Perselingkuhan

Berbuat serong atau selingkuh menjadi kekhawatiran banyak pasangan, solusinya ? Pakaikan gembok pada celana dalam pasangan Anda ! Kekhawatiran istri tidak setia atau diculik lelaki lain membuat orang berpikir bagaimana

Artikel

Tato Dayak, Bukan Sekadar Gaya-Gayaan

Anda bertato ? Itu sepenuhnya hak Anda, namun bagi sebagian kebudayaan tato bukan gaya-gayaan, tetapi memiliki makna yang dalam.