Di Manakah Pulau Dinosaurus Berada ?

Di Manakah Pulau Dinosaurus Berada ?

Ilustrasi Pulau Dinosaurus

Ilustrasi Pulau Dinosaurus

Menemukan fosil dinosaurus bukan perkara mudah. Hewan ini sudah punah jutaan tahun lalu. Tapi bagaimana jika fosil dino berada di suatu pulau ?

Inilah uniknya Pulau Dino, julukan untuk Isle of Wight, sebuah Pulau di Inggris. Deposit dinosaurus paling kaya di Eropa ditemukan di lokasi yang kelihatannya tidak mungkin.

Ratusan fosil dinosaurus, termasuk jenis yang tidak ditemukan di tempat lain, digali dari bebatuan di Isle of Wight. Jumlahnya begitu banyak sehingga pulau berbentuk intan itu dijuluki “Pulau Dino.”

Pada masa Cretaceous dan Jurassic, sekitar 130 juta tahun lalu, Isle of Wight merupakan bagian dari kepulauan yang dihubungkan oleh jembatan daratan dengan apa yang sekarang adalah Belgia.

Pulau itu merupakan bagian dari kompleks sungai di bagian pinggir hutan conifer yang amat luas. Komples itu berada lebih ke selatan, di wilayah yang sekarang merupakan Afrika Utara.

Rawa dan hutan tua pulau itu, yang rawan banjir dan kebakaran, berkombinasi dengan lingkungan alam subtropics menghasilkan kondisi dan endapan yang cocok untuk mengawetkan tulang.

Laut tropis kemudian menutup kawasan tersebut, menambahkan endapan lumpur laut yang akhirnya memadat untuk membentuk lapisan lempung dan batuan kapur berisi fosil.

Isle of Wight pertama kali diketahui sebagai sumber fosil dinosaurus pada masa Victoria ketika Charles Darwin mempelajari deposit yang terbentuk di sana.

Ilmuwan modern masih menggali fosil di pulau itu. Dalam beberapa tahun terakhir, sisa-sisa empat jenis dinosaurus baru, enam mamalia dari era dinosaurus, dan lusinan hewan lain berhasil diidentifikasi.

Di antara species dinosaurus yang ditemukan di Isle of Wight terdapat “Velociraptor” yang menjadi terkenal karena film Jurassic Park.
Sumber : GEOWEEK, 2009.

About author

You might also like

Artikel 1Comments

6 Perairan Jernih di Dunia.

6 Destinasi wisata air yang memikat hati dengan kebersihan dan kejernihan airnya. Hampir mustahil rasanya di zaman sekarang ini untuk melihat perairan yang bersih dengan air yang jernih. Maraknya industri

Nasional

Glenn Fredly Bernyanyi Untuk Angeline

Publik Indonesia tadi malam terguncang dengan pemberitaan ditemukannya jasad Angeline yang dikubur di pekarangan rumah didekat kandang ayam dan tumpukan sampah, penyanyi Glen Fredly pun tersentuh hatinya dan menyanyikan lagu untuk Angeline.

Tokoh

“Dewi Adalah Sumber Inspirasi, Sumber Kehidupanku”

Salah satu istri Bung Karno yang sering diperbincangkan adalah Dewi Soekarno. Nama aslinya adalah Naoko Nemoto, berkebangsaan Jepang.