Di Sini Penjara dan Tempat Pengasingan Bung Karno

Di Sini Penjara dan Tempat Pengasingan Bung Karno

Semasa hidupnya, beberapa kali Bung Karno dijebloskan pihak kolonial ke penjara. Bahkan Bung Karno pernah diasingkan dari rakyatnya.

Sebagai sebuah resiko perjuangan Bung karno pasti mengetahui benar, sebuah perjuangan tidak mungkin berjalan mulus. Apa yang terjadi pada dirinya adalah sebuah pembuktian bahwa perjuangan penuh dengan onak dan duri.

Berikut beberapa tempat di mana Bung karno pernah dipenjarakan dan diasingkan :

bantjeuy

 

1. Penjara Bantjeuy

Penjara Banceuy terletak di kota Bandung. Penjara Banceuy dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1877. Ditempat itu untuk pertama kalinya Bung karno menjalani sebagian masa hidupnya dibalik jeruji besi berukuran 1,5 x 2,5 meter. Bung Karno ditangkap oleh pemerintah Belanda dengan tuduhan mengancam keamanan, dari aktivitasnya dalam organisasi PNI.

Pada tanggal 29 Desember 1929, pemerintah Belanda menangkap Soekarno bersama tiga rekannya dari PNI, Maskoen, Soepriadinata, dan Gatot Mangkoepraja di Yogyakarta dan dijebloskan kepenjara Banceuy selama 8 bulan.

sukamiskin

 

2. Penjara Sukamiskin

Penjara Sukamiskin terletak di Bandung, dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1817. Bangunan penjara ini berdiri megah bergaya aksitektur Eropa. Bentuk bangunan berbentuk trapesium, dibangun oleh arsitek Belanda Prof. CP Wolff Schoemaker. Luas penjara lebih dari 2 hektar dan terdiri 552 sel.

Mantan Presiden Soekarno menjadi salah satu penghuni di penjara Sukamiskin pada bulan Desember 1930. Di ruang TA 01 di lantai 2, Soekarno menjalani kurungan hampir setahun. Dan pada tanggal 31 Desember 1931 barulah Soekarno keluar.

pngasingan bung karno di ende

 

3.Pengasingan ke Ende, Flores, NTT

Setelah mendapat kebebasan dari Penjara Sukamiskin semangat Soekarno untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia terus membara. Pada tahun 1932 Soekarno bergabung dengan Partai Indonesia (Partindo), partai pecahan PNI. Akibatnya, Soekarno ditangkap pemerintah Belanda kembali. Sebuah surat keputusan datang dari pemerintah Belanda tertanggal 23 Desember 1933 untuk mengasingkan Soekarno ke Kota Ende, Flores, NTT sebagai tahanan politik.

Soekarno datang di Kota Ende pada tanggal 14 Januari 1934 setelah melwati perjalanan mengarungi lautan 8 hari. Soekarno diungsikan di kota itu bersama istri (Inggit), anak dan mertuanya.

pengasingan bung karno di bengkulu

 

4. Pengasingan ke Bengkulu

Pada tahun 1938 – 1942, Soekarno dipindahkan ke Bengkulu, salah satu Provinsi di Sumatra saat ini. Di Bengkulu Soekarno bertemu dengan Fatmawati seorang gadis asli Bengkulu yang kemudian menjadi istrinya sekaligus yang menjahit bendera Sang Saka Merah Putih.

Disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Artikel

Mei ini, Perang Dunia 2 Berakhir 70 Tahun Lalu

Perang membawa kesengsaraan bagi banyak pihak. Kita mengalami dua kali perang dunia, dan semoga tidak akan terulang untuk ketiga kalinya. Perang dunia kedua seakan menjadi ajang balas dendam bagi pihak

Artikel 0 Comments

Si Pitung, Robinhood Betawi Yang Kebal Peluru

Cerita Robinhood tidak melulu milik rakyat Inggris. Kita pun, di Indonesia pernah memiliki Robinhood, yakni Robinhood Betawi alias Si Pitung. Si Pitung sudah menjadi cerita rakyat dan Legenda Betawi. Tokoh

Hits

Duo Batu Akik Dari Tanah Sulawesi Yang Begitu Ajaib

Khazanah batu akik di Indonesia seakan tidak pernah habis. Begitu pula dengan keunikannya yang mengundang takjub para pemerhati batu.