Ditemukan Air Di Mars, Bagaimana Dengan Kehidupan ?

Ditemukan Air Di Mars, Bagaimana Dengan Kehidupan ?

Adanya kehidupan di luar bumi masih menjadi pertanyaan besar umat manusia. Apakah Tuhan hanya menciptakan kehidupan di bumi saja ?

Berbagai penelitian, hipotesis coba ditawarkan. Sebagian pihak mengklaim menemukan kehidupan di luar bumi. Sementara sebagiannya justru skeptis. Namun, penemuan air di Planet Merah Mars bisa saja menjadi gerbang awal untuk menjawab pertanyaan ini.

Penemuan air di permukaan Planet Mars telah dikonfirmasi oleh NASA. Dengan ini, spekulasi bahwa kehidupan layaknya di Bumi pernah terjadi di Mars, bisa kembali diperdebatkan.

Seperti dilansir dari cnnindonesia.com, “Dunia layak huni perlu memiliki cairan air bersama elemen lainnya serta energi untuk membangun dan menyalakan kehidupan. Garam adalah indikator bagus dari cairan air yang bisa menghidupkan peradaban,” tutur peneliti planet, Kevin Hand.

air di mars

Gambar-gambar dari Mars Reconnaissance Orbiter memperlihatkan bahwa selokan-selokan panjang di dalam kawah dan lereng kemungkinan dibentuk oleh air asin yang mengalir di permukaannya hingga sekarang.

Studi tentang Mars yang terbaru ini dipaparkan oleh para ilmuwan NASA di sebuah konferensi pers di Washington, Senin 18 September.

konfirmasi kehadiran air di Mars menjadi langkah penting untuk eksplorasi planet merah tersebut di masa depan!

Ketika kita berbicara tentang air di Mars, maka dugaan itu akan mengarah pada air yang pernah mengalir di Mars si masa lalu dan sudah mengering. Artinya, ada kemungkinan terbentuknya kehidupan di masa lalu Mars ketika planet merah tersebut masih memiliki air.

Keberadaan carian di Mars membuktikan bahwa planet tersebut masih aktif secara geologis dan sekaligus sedikit meningkatkan kemungkinan bahwa Mars menampung organisme kehidupan yang sederhana.

Jadi, apa ini artinya ada kehidupan di Mars? Bisa jadi tapi seperti kata Jim Green, Direktur Planetary Science, “keberadaan kehidupan lain belum ada jawabannya. Yang dilakukan saat ini adalah mengikuti kehadiran air di planet lain sebagai petunjuk yang mengarah pada kemungkinan kehidupan yang kita kenal”.

disarikan dari beragam sumber.

About author

You might also like

Budaya

Tim Hunt; Peraih Nobel dan Candaan yang Buruk Soal Perempuan

Peraih nobel fisiologi harus mengundurkan diri dari University of College London karena candaannya mengenai perempuan.

Lingkungan

Mana Saja Kota yang Cocok Menggantikan Jakarta Sebagai Ibukota ?

Semenjak zaman Presiden Pertama kita, Bung Karno, wacana perpindahan ibukota mengemuka. Pada masa itu ada wacana memindahkan ibukota dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Artikel 0 Comments

Kuburan-Kuburan Paling Unik di Nusantara

Kematian. Moment kesedihan ini ditanggapi secara beragam oleh berbagai kebudayaan. Jika di Mesir sana, jenazah seorang Fir’aun di balsam dan di mummi-kan, maka di belahan dunia lain moment tersebut di