Dodol, Cemilan Dari Garut yang Melegenda

Dodol, Cemilan Dari Garut yang Melegenda

Garut dan dodol seakan tak terpisahkan. Meski potensi Garut sangat beragam, dodol tetap merupakan ikon Garut yang melegenda.

Dodol apaan sih ? Dodol adalah salah satu jenis makanan ringan yang terbuat dari bahan tepung ketan atau tepung beras, santan kelapa, gula merah atau gula pasir, dan aroma buah-buahan untuk menambah rasa. Makanan ringan yang manis ini banyak terdapat di beberapa provinsi di Indonesia. Jadi, sesunguhnya tempat-tempat lain di Indonesia merupakan produsen dodol, namun dodol Garut lah yang paling dikenal masyarakat luas.

Daerah-daerah lain seperti Betawi, Subang dan daerah lain di Indonesia juga banyak yang menjadikan dodol sebagai ciri khas oleh-olehnya. Namun, seperti dijelaskan di awal, dodol Garut memang lebih terkenal dibanding dodol-dodol lainnya di Indonesia, bahkan namanya sudah melanglang buana sampai ke mancanegara.

dodol garut

Terdapat banyak jenis dodol Garut diantaranya dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya. Bahkan, inovasi kreatif terbaru berhasil membuat Chocodot, paduan coklat dan dodol.

Sebagai informasi, industri dodol di Garut, Jawa Barat sudah berkembang dari tahun 1926. Waktu itu seorang Ibu bernama Karsinah mulai membuat makanan ringan bernama dodol. Proses pembuatan dodol waktu itu sederhana sekali. Usaha dodol Bu Karsinah ini pun sudah berkembang sampai sekarang.

Saat ini Dodol Garut menjadi salah satu sumber ekonomi terkuat bagi masyarakat Garut khususnya, bahkan Dodol Garut juga telah berhasil menjadi salah satu komoditas utama yang mampu mengangkat citra kabupaten dan kota Garut sebagai penghasil dodol yang berkualitas tinggi dan beraneka ragam jenisnya.

Jadi, kurang lengkap kiranya, jika Anda berkunjung ke Garut tanpa membeli dan menikmati cemilan satu ini.

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Artikel

Ketika Marinir AS Ikut Lomba Panjat Pinang

Setiap 17 Agustus masyarakat mengadakan perlombaan unik, salah satunya lomba panjat pinang, bagaimana jika Marinir AS ikut serta ?

Sains

Penampakan Supermoon Berdarah di Dunia

Sebagian besar penduduk bumi menyaksikan peristiwa langka “gerhana supermoon”, ketika gerhana bulan berlangsung bersamaan dengan supermoon.

Hits

Anak Angkat Cristiano Ronaldo Ini Masuk Akademi Sporting Lisbon !

Masih ingat dengan Tsunami Aceh 26 Desember 2004 lalu ? Peristiwa tragis ini membawa hikmah tersendiri bagi Martunis.