Dunia Medis Berperang Melawan Sel Kanker

Dunia Medis Berperang Melawan Sel Kanker

Dunia medis tampaknya masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menanggulangi kanker. Berbagai macam penelitian telah dilakukan demi menemukan solusi terbaik menghadapi sel kanker yang mematikan.

Dana untuk penelitian kanker pun mengalir deras dengan jumlah yang besar guna menghasilkan metode pencegahan, diagnosis dan perawatan pengidap kanker. Namun obat kanker tak kunjung ditemukan, bahkan hasil penelitian terakhir menyimpulkan bahwa kanker sulit untuk disingkirkan.

Saat ini, kemoterapi masih cara terbaik untuk melawan kanker. Namun kemoterapi belum mampu memberi kesembuhan total bagi penderita kanker. Kemoterapi baru bisa meningkatkan usia harapan hidup penderita kanker.

Ada banyak alasan yang menyebabkan para peneliti kesulitan menghadapi kanker.

Kanker merupakan salah satu penyakit tertua dan juga tangguh. Struktur sel kanker mampu berevolusi dengan cepat, sehingga menyulitkan penemuan obat kanker. Selain itu, kemampuan sel tubuh makhluk hidup untuk mengembangkan sel kanker sudah terjadi jutaan tahun, dan berevolusi sejak jutaan tahun lalu.

Para peneliti dari Universitas Germany’s Kiel dan Universitas Katolik Kroasia mencari asal-usul penyakit kankerdemi menemukan senjata untuk melawan kanker. Ternyata para peneliti ini menemukan asal usul kanker dari dua spesies Hydra. Hydra adalah hewan air tawar berstruktur sederhana, dan juga hewan multisel pertama yang diduga memiliki gen penyebab kanker pada manusia.

Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa tumor telah ada sejak zaman purba. Prof Thomas Bosch, sang peneliti mengatakan bahwa penyebaran sel kanker pun telah ada sejak lama. Bila sel tumor bertemu dengan organisme yang sehat, maka sel itu dapat memicu pertumbuhan tumor pada Hydra.

Prof Thomas Bosch mengatakan bahwa studi memerangi kanker yang telah dimulai sejak tahun 1970-an sangat sulit untuk dimenangkan. Sel kanker telah berevolusi sejak jangka waktu yang panjang. Sejak lahir, tubuh manusia sudah membawa bom kanker yang bisa meledak kapan saja, saat bayi, anak-anak, remaja ataupun sudah tua.

Akan tetapi masih banyak hal yang dapat dilakukan terhadap para penderita kanker. Teknologi medis yang telah ada saat ini telah mampu merawat pasien dan menyingkirkan sel-sel kanker. Meskipun biaya yang dibutuhkan cukup besar, namun banyak upaya dan cara bagi kita untuk membantu para pengidap kanker.

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup 0 Comments

Ada-ada Saja Ulah Edho Zell Parodikan Goyang Drible

Siloka.Com – Ada-ada saja ulah Youtubers yang satu ini, Edho Zell membuat video Parodi goyang drible. youtuber yang sudah memeiliki lebih dari 133.000 subscriber ini ditantang penggemarnya untuk memparodikan goyang drible

Gaya Hidup 0 Comments

Onani, Dari Zaman Mesir Purba Hingga Abad 21

  Jika ada perbuatan yang dilakukan banyak orang, namun tidak banyak diakui, maka onani salah satunya. Istilah Onani sendiri memunculkan perdebatan, sebagian orang menganggap “Onani” adalah istilah dari bangsa Jepang

Gaya Hidup

Jika Garut Punya Pancawarna, Bandung Punya Batu Oncom

Oncom bukan saja makanan kegemaran masyarakat parahyangan, namun juga jenis batu akik yang kini mulai naik daun.