Fenomena Mesin Penebak Umur di Sosial Media.

Fenomena Mesin Penebak Umur di Sosial Media.

Hasil analisis dari mesin penebak umur di website How-Old.net

Hasil analisis dari mesin penebak umur di website How-Old.net

Membahas mengenai umur memang suatu hal yang sensitif tapi juga menyenangkan. Bagaimana jika tebakan umur ini dilakukan oleh sebuah robot atau mesin?

How-Old.net adalah sebuah situs yang diciptakan oleh Microsoft bersama beberapa pengembang untuk membuat aplikasi cerdas menggunakan Azure Service. Dengan menggunakan Face Detection Analysis untuk menebak usia seseorang dari gambar/foto.

Pihak pengembang bermaksud mencoba tingkat akurasi fitur Face Detection melalui How-Old.net , dengan ekspektasi mendapatkan 50 user untuk percobaan. Namun pada akhirnya user membludak hingga lebih dari 35.000 orang hanya dalam beberapa jam!
Berdasarkan informasi dari Azure, user terbanyak berasal dari Turki dengan jumlah 29.000, lalu 5.600 user dari Amerika.

Hasil analisa mesin penebak umur ini  tingkat akurasi-nya pun terbilang masih sangat kasar. Tidak sedikit menghasilkan tebakan umur yang ngawur, sehingga hasil analisa dari mesin ini dijadikan sebagai bahan candaan. Namun hasil-hasil yang tidak akurat tersebut lah yang menjadikan situs ini menjadi sebuah trend di media sosial.

Perbedaan usia Dian Sastro, hasil analisa dari How-Old.net

Perbedaan usia Dian Sastro, hasil analisa dari How-Old.net

Pihak pengembang mengatakan bahwa mesin How-Old.net ini masih trial dan memiliki banyak kekurangan serta masih banyak hal yang harus diperbaiki. Dengan kata lain, masih banyak error dalam mesin Face Detection How-Old.net tersebut.

Dari beberapa kali percobaan yang dilakukan, hasilnya memang sangat variatif. Wajah putih merona, riasan yang bagus serta pencahayaan yang bagus belum tentu menjadikan kita ‘awet muda’ menurut How-Old.net .
Memang tepat jika dikatakan bahwa situs ini hanya untuk bahan guyonan bagi para penggunanya.

Bagi para pengembang, data tersebut dipergunakan untuk menyempurnakan mesin face detection. Sebuah teknologi yang layak ditunggu untuk beberapa waktu yang akan datang.

Bagi yang ingin tampil ‘awet muda’, siapkan diri sejak saat ini karena kelak mesin ini mungkin tak bisa berbohong.

Comments

About author

You might also like

Sains

Transplantasi Kepala: Ilmiah? atau Fiksi Ilmiah? (1)

Tahun 1970, transplantasi kepala seekor monyet hidup berakibat kelumpuhan akibat penolakan dari sistem kekebalan tubuh terhadap kepala.

Napak Tilas 0 Comments

Jejak Bung Karno di Kota Bandung

Bandung adalah kota perjuangan. Sebut saja Bung Karno, Bung Hatta, Syahrir, pernah menjejakkan sejarah di ibukota Priangan ini. Banyak momen penting yang terjadi di sini, terutama yang berkaitan dengan “Founding

Artikel

Miracle in Cell No.7 : Cinta Seorang Ayah Terhadap Putrinya

Film Korea ini berhasil menguras air mata penontonnya, itulah kesan setelah menonton film ini. Genre film Miracle in Cell No.7 adalah drama, dengan sedikit diselipkan komedi. Ceritanya berkisar hubungan antara

1 Comment

  1. kakang raki
    May 05, 08:45
    Boleh di Coba NIh Aplikasinya Kayanya Seru

Leave a Reply