Fenomena Mesin Penebak Umur di Sosial Media.

Fenomena Mesin Penebak Umur di Sosial Media.

Hasil analisis dari mesin penebak umur di website How-Old.net

Hasil analisis dari mesin penebak umur di website How-Old.net

Membahas mengenai umur memang suatu hal yang sensitif tapi juga menyenangkan. Bagaimana jika tebakan umur ini dilakukan oleh sebuah robot atau mesin?

How-Old.net adalah sebuah situs yang diciptakan oleh Microsoft bersama beberapa pengembang untuk membuat aplikasi cerdas menggunakan Azure Service. Dengan menggunakan Face Detection Analysis untuk menebak usia seseorang dari gambar/foto.

Pihak pengembang bermaksud mencoba tingkat akurasi fitur Face Detection melalui How-Old.net , dengan ekspektasi mendapatkan 50 user untuk percobaan. Namun pada akhirnya user membludak hingga lebih dari 35.000 orang hanya dalam beberapa jam!
Berdasarkan informasi dari Azure, user terbanyak berasal dari Turki dengan jumlah 29.000, lalu 5.600 user dari Amerika.

Hasil analisa mesin penebak umur ini  tingkat akurasi-nya pun terbilang masih sangat kasar. Tidak sedikit menghasilkan tebakan umur yang ngawur, sehingga hasil analisa dari mesin ini dijadikan sebagai bahan candaan. Namun hasil-hasil yang tidak akurat tersebut lah yang menjadikan situs ini menjadi sebuah trend di media sosial.

Perbedaan usia Dian Sastro, hasil analisa dari How-Old.net

Perbedaan usia Dian Sastro, hasil analisa dari How-Old.net

Pihak pengembang mengatakan bahwa mesin How-Old.net ini masih trial dan memiliki banyak kekurangan serta masih banyak hal yang harus diperbaiki. Dengan kata lain, masih banyak error dalam mesin Face Detection How-Old.net tersebut.

Dari beberapa kali percobaan yang dilakukan, hasilnya memang sangat variatif. Wajah putih merona, riasan yang bagus serta pencahayaan yang bagus belum tentu menjadikan kita ‘awet muda’ menurut How-Old.net .
Memang tepat jika dikatakan bahwa situs ini hanya untuk bahan guyonan bagi para penggunanya.

Bagi para pengembang, data tersebut dipergunakan untuk menyempurnakan mesin face detection. Sebuah teknologi yang layak ditunggu untuk beberapa waktu yang akan datang.

Bagi yang ingin tampil ‘awet muda’, siapkan diri sejak saat ini karena kelak mesin ini mungkin tak bisa berbohong.

About author

You might also like

Teknologi 0 Comments

Samsung Galaxy Note Edge Memudahkan Semuanya

  Mengetik atau Menulis ? Pertanyaan itu terlintas dibenak saya. Mana yang lebih mudah, dan tentu saja lebih cepat? Dalam beberapa literatur yang pernah saya baca, mengetik dengan sistem qwerty

Budaya

Anda Sudah Dewasa ? Silakan Lompati Batu Setinggi 2 Meter

Satu lagi tradisi unik yang dimiliki Nusantara, tepatnya di Pulau Nias adalah Fahombo, atau tradisi lompat batu bagi yang sudah dewasa.

Tokoh

Perempuan Amerika Ini Menyelamatkan Nyawa Presiden Soekarno

Selama menjabat sebagai Presiden, percobaan kudeta, pembunuhan berulangkali dilakukan kepada Soekarno, bahkan pada masa awal jabatannya.

1 Comment

  1. kakang raki
    May 05, 08:45
    Boleh di Coba NIh Aplikasinya Kayanya Seru

Leave a Reply