Firaun Tutankhamun Meninggal Ketika Ereksi

Firaun Tutankhamun Meninggal Ketika Ereksi

Raja Tut dari Mesir Kuno dimumifikasi dengan cara aneh. Alat kelamin alias penisnya ditegakkan dengan sudut 90 derajat, jantungnya diambil, dan kain muminya berlapis cairan warna hitam.

Berbagai misteri dan keanehan tentang mumi raja Mesir Kuno Firaun Tutankhamun selalu menarik rasa penasaran dari para pakar Mesir Kuno. Saat meneliti mumi Firaun Tutankhamun, para peneliti menemukan keanehan berupa ketiadaan jantung, kain mumi berlapis cairan hitam, dan juga alat kelamin yang berdiri tegak 90°.

Salima Ikram, seorang pakar Mesir Kuno dari American University di Kairo menyatakan bahwa Firaun Tutankhamun sedang ereksi ketika jasadnya dimumikan. Bahkan mungkin dapat dikatakan bahwa ini merupakan ereksi terlama atau ereksi abadi sepanjang sejarah manusia.

Mengapa Firaun Tutankhamun dimumikan dengan kondisi ereksi?
Dalam makalah di jurnal Tudes et Travaux, Salima Ikram mengatakan bahwa kejadian ini bukanlah sebuah kebetulan. Anomali mumi Firaun Tutankhamen dimaksudkan untuk membuat Tutankhamun mirip dengan dewa kematian pada budaya Mesir Kuno, Osiris. Hal ini didasari oleh keinginan Tutankhamun untuk mengembalikan ideologi Mesir Kuno yang telah direvolusi oleh sang ayah, Firaun Akhenaten.

Akhenaten merevolusi ideologi Mesir Kuno dengan menghapus keyakinan pada banyak dewa-dewa menjadi satu dewa saja, Aten, sang dewa matahari. Sementara itu Firaun Tutankhamun bermaksud mengembalikan ideologi Mesir Kuno yang mempercayai banyak dewa.

Mumi raja Mesir Kuno, Firaun Tutankhamun.

Mumi raja Mesir Kuno, Firaun Tutankhamun.

“Penis yang ereksi menunjukkan Osiris dalam kondisi terkuat dalam regenerasi serta merupakan fitur dari corn mummies, simbol klasik kebangkitan dan kelahiran kembali,” ungkap Ikram.
Dengan kata lain, kondisi ereksi tersebut sebagai perlambang perjuangan keras Firaun Tutankhamun yang tiada akhir, sekalipun dalam kondisi telah meninggal.

Keyakinan Ikram pada Osiris juga diperkuat oleh kejanggalan mumi Tutankhamun.
Warna hitam pada kain mumi merupakan simbol penampakan Osiris dalam gambaran budaya Mesir Kuno. Hitam pada Osiris dianggap sebagai simbol tanah dengan genangan, sumber kesuburan, dan regenerasi.

Sementara ketiadaan jantung pada mumi Firaun Tutankhamun menunjukkan kisah Osiris yang dibunuh oleh saudara lelakinya, Seth. Jantung Osiris diambil oleh Seth setelah dibunuh. Jantung dianggap sebagai organ yang berperan penting dalam kebangkitan.

About author

You might also like

Gaya Hidup 1Comments

Bra & Kutang, Darimanakah Engkau Berasal ?

Melihat sebuah video dokumenter tentang perempuan Bali pada 1930-an membuat saya terhenyak. Mereka umumnya tidak memakai bra atau kutang. Hal ini mengundang pertanyaan dalam benak saya –tentu bukan pertanyaan mesum-

Teknologi 0 Comments

Jamstik, Gitar Pintar Untuk IPadmu

Bandung. Zivix Jamstik dirancang untuk iPhone, iPad dan Mac, yang memungkinkan anda untuk bermain musik bernuansa gitar. Dengan menggunakan pembuatan musik di aplikasi iOS atau perangkat lunak Mac. Memiliki panjang sekitar 15 inci,

Ali Sadikin Sang Gubernur “Koppig” (2)

Sebelum menjabat Gubernur, Lelaki kelahiran Sumedang 7 Juli 1927 ini adalah adalah seorang letnan jenderal KKO-AL (Korps Komando Angkatan Laut). Ia pernah menjabat sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Laut, Menteri