Gunung Padang: Sebuah Mahakarya

Gunung Padang: Sebuah Mahakarya

Situs Gunung Padang

Karya Siapa

Publik digemparkan dengan penemuan situs Gunung Padang. Mulai dari mantan Presiden RI, para pemangku jabatan politik/pemerintahan hingga musisi/seniman sekaliber Iwan Fals pun angkat bicara.

Situs Gunung Padang hingga kini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Sebagian orang percaya bahwa Gunung Padang merupakan sebuah piramida yang dibangun oleh manusia, yang usianya jauh lebih tua dibandingkan dengan piramida Giza di Mesir. Sebagian lagi percaya bahwa Gunung Padang hanyalah bangunan Punden Berundak yang batuannya berasal sisa Gunung Berapi.

Jika temuan situs tersebut memang hanya berupa situs cagar budaya, ini pun sudah sangat luar biasa, karena fakta menunjukkan luas kawasan situs tersebut sekitar 23 hektar, dengan luas bangunanya 15 hektar, 10 kali lipat dari besarnya Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Berikut tuturan opini dari para tokoh mengenai penemuan Situs Gunung Padang:

“….Saya berfikir dengan metode time frame (jangka waktu). Kalau dalam waktu 5 tahun misalnya, Gunung Padang ini sudah menjadi seperti Borobudur atau Piramida di Mesir, maka ini akan menjadi sumbangan terbesar, bukan hanya kepada Indonesia tetapi juga kepada dunia. Mari kita bayangkan, bukit ini, kelak, 5 tahun lagi misalnya akan menjadi seperti itu…”
Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, Mantan Presiden Republik Indonesia

“….Ini adalah mahakarya yang secara produk layak disebut sebagai ‘Piramida Gunung Padang’. Kata ini menjadi magic, semua orang akan penasaran darang ke sini. Antara social value dan economic value mohon diseimbangkan. Kalau kita punya ini kita harus bisa apa. Ini adalah mahakarya yang secara produk layak disebut sebagai Piramida Gunung Padang…..”
Ir. Arief Yahya M.Sc, Menteri Pariwisata Republik Indonesia

“….Proses rehabilitasi ini memakan waktu panjang. Untuk diketahui kapan dibangunnya dan apa saja harta karun di dalamnya. Apapun temuan harta karunnya itu nanti ada di pendekatan ilmiah supaya tidak ada spekulasi-spekulasi. Dengan kerja yang maksimal, misteri Gunung Padang dan isinya akan segera terungkap. Dengan kerja maksimal, misteri Gunung Padang dan isinya akan segera terungkap. Gunung Padang ini kalau sudah jadi bisa jauh lebih bagus dari Borobudur. Dari area saja 10 kali dari Borobudur. Letaknya ada pada ketinggian, dan udaranya dahsyat. Nilai-nilai kebudayaan juga sangat tinggi….”
Deddy Mizwar, Wakil Gubernur Jawa Barat

“….Lestarikan Gunung Padang. Tempat saya menggali sukma. Kita belajar sejarah dan peradaban agar kita tahu diri, Gunung Padang adalah identitas bangsa kita. Orang Cianjur harus menjaga kelestarian Gunung Padang, kelestarian beras pandanwangi, dan hayam pelungnya….”
Iwan Fals, Musisi/Seniman dan Penyanyi Indonesia

*Opini para tokoh diambil dari www.nuansa.co/faktfakta-spektakuler-gunung-padang

perbandingan borobudur dengan gunung padang

*Foto dari www.koridortimur.com

Comments

About author

You might also like

Tokoh

Peci Bung Karno, Simbol Kepribadian Indonesia

Apa yang pertama kita lihat dari sosok Bung Karno ? Sebagian menjawab bahwa peci hitamnya-lah yang menjadi ciri khas sang Proklamator.

Hits

Anne Frank dan Buku Harian Seorang Gadis Kecil Korban Holocaust (2-tamat)

Teman-teman dan kolega Otto Frank, Johannes Kleiman, Victor Kugler, Jan Gies serta Miep Gies sebelumnya telah membantu menyiapkan tempat persembunyian itu

Napak Tilas 0 Comments

Melacak Industri Perak di Kota Gede, Yogyakarta

  Munculnya kerajinan perak di Kotagede bersamaan dengan berdirinya Kotagede sebagai ibu kota Mataram Islam pada abad ke-16. Ada bukti yang menunjukkan bahwa seni kerajinan perak, emas, dan logam pada

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply