Harta Karun di Perairan Indonesia Diperkirakan Bernilai 127,6 Triliun ! (2)

Harta Karun di Perairan Indonesia Diperkirakan Bernilai 127,6 Triliun ! (2)

Harta Karun yang nilainya milyaran hingga triliunan!

Harta Karun yang nilainya milyaran hingga triliunan!

Besarnya potensi harta karun dari kapal-kapal yang tenggelam di perairan Nusantara cukup Fantastik. Hal ini tidaklah aneh, karena semenjak berabad-abad lalu, Nusantara menjadi salah satu pusat perdagangan dan persaingan kapal-kapal dagang dari berbagai negara Eropa.

Persaingan antara negara-negara Eropa ini kemudian melahirkan imperalisme dan kolonialisme. Negara-negara yang terlibat adalah Inggris, Portugis, Spanyol dan Belanda. Mereka mengirimkan puluhan hingga ratusan kapal untuk mengeruk sumber kekayaan Nusantara. Namun, tidak sedikit yang menemui nasib naas. Kapal mereka karam diakibatkan cuaca atau persaingan dan peperangan. 

Menurut Harry, besarnya potensi ekonomi dari Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) tersebut harusnya bisa disadari oleh Pemerintah. Karena, walau terkesan fatamorgana, namun BMKT memang ada di dasar lautan Nusantara. Untuk itu, dia menyarankan agar Pemerintah bisa segera menggarapnya dengan benar.

“Namun, sebelum akan memanfaatkan BMKT, Pemerintah harus membuat dulu aturan ataupun regulasi yang mendukung setiap kebijakan kesana. Jangan sampai, pemanfaatan BMKT akan berujung pada perselisihan baru,” jelas Harry.

Di setiap lokasi yang dideteksi ada kapal tenggelam, Harry mengatakan, potensi ekonomi yang ada di dalamnya bisa bernilai rata-rata USD27,5 juta atau antara USD15 juta hingga USD40 juta. Jumlah itu sangat fantastis karena itu didapatkan dengan cuma-cuma.

Untuk itu, menurut dia, perlu ada regulasi yang jelas dalam pemanfaatan BMKT di perairan Nusantara. Dengan maksud, jika Pemerintah ingin menggandeng investor swasta atau bukan, arah kebijakannya sudah jelas dan yang pasti akan ada transparansi di dalamnya.

Harry menjelaskan, saat ini terdapat 120 lokasi kapal tenggelam yang didalamnya diduga ada harta karun. Untuk menelusuri keberadaannya, sebanyak 70 titik lokasi sudah diajukan perizinannya kepada KKP dan diharapkan bisa segera dilakukan penelusuran (….bersambung)

sumber : www.mongabay.co.id

 

About author

You might also like

Komunitas

Sejarah Awal Mula Scooter Vespa Piaggio

Sejarah mencatat ketika Enrico Piaggio secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Inilah cikal bakal penamaan Vespa.

Budaya

Hebatnya Sentuhan

Sebuah sentuhan mempunyai makna tersendiri bagi yang disentuhnya. Dan pemaknaan ini sering terjadi tanpa kita sadari.

Tokoh

Soekarno dan Pidato Yang Menohok Kolonial

Pidato pembelaan Soekarno di depan pengadilan kolonial sungguh fenomenal, karyanya ini kemudian dibukukan dengan judul Indonesia Menggugat.