Hati-Hati Jika Upload Foto Makanan di Media Sosial

Hati-Hati Jika Upload Foto Makanan di Media Sosial

Saat berada di cafe atau resto, banyak orang yang melakukan ritual sebelum makan. Memfoto makanan dan langsung meng-upload ke media sosial dengan hastag nama tempat plus nama makanan yang dipesannya. Hastag dengan nama #foodporn untuk upload makanan di media sosial pun sangat terkenal di seluruh dunia.

Akan tetapi, ada satu negara dimana kita harus berhati-hati untuk melakukan tindakan tersebut karena ada peraturan untuk meng-upload foto makanan. Larangan itu berlaku di negara Jerman.

Di tahun 2013, hakim Pengadilan Federal Jerman memutuskan bahwa gambar atau foto makanan artistik menjadi hak milik para penciptanya. Hal tersebut menandakan bahwa kita harus meminta izin terlebih dahulu kepada koki sebelum mengambil dan meng-upload foto makanan tersebut.

“Hidangan dengan nilai artistik tinggi diatur di sebuah restoran bisa menjadi pekerjaan yang dilindungi hak ciptanya,” kata partner di firma hukum korporasi Lampmann, Habetkamm & Rosenbaum (LHR) untuk Welt, Niklas Haberkamm, seperti yang dikutip dari Daily Mail, Sabtu (22/8/2015).

Niklas berpendapat bahwa dalam hal foto makanan, pencipta pekerjaan memiliki hak untuk memutuskan dimana dan sejauh mana pekerjaannya dapat direproduksi. Sehingga apabila kita akan memposting sebuah foto makanan pada instagram atau media sosial lain tanpa ada unsur promosi, maka kegiatan tersebut dianggap ilegal.

“Jika Anda ingin benar-benar aman, Anda mungkin harus meminta ijin terlebih dahulu kepada host atau koki sebelum meng-upload ke media sosial,” kata Niklas.

Jadi, untuk kalian yang diluar negara tersebut, puas-puasin upload foto makanan sebelun dilarang :)

Sumber: bisnis.com

Comments

About author

You might also like

Hits

Mana Yang Jago Nembak, TNI AD atau Tentara Amerika ?

Kabar membanggakan datang dari Tentara kita. Sebanyak 16 anggota TNI Angkatan Darat menjuarai lomba menembak antar tentara.

Artikel

Wow ! Muda Usia dan Kaya Raya

Memang terdengar di dunia fantasi. Muda, kaya raya…dan mungkin mati masuk surga. Tapi tidak dengan cerita Evan. Usianya masih di bawah 10 tahun, malah tepatnya 9 tahun. Tapi coba tebak

Hits

Hari Buku Nasional: Napak Tilas Sejarah Buku di Dunia

Hari Buku Nasional merupakan ide dari masyarakat pecinta buku, bertepatan dengan peresmian Perpustakaan Nasional tanggal 17 Mei 1980