Hebatnya Sentuhan

Hebatnya Sentuhan

Sebuah sentuhan mempunyai makna tersendiri bagi yang disentuhnya. Dan pemaknaan ini sering terjadi tanpa kita sadari.

Kita tidak perlu menunggu hari kasih sayang untuk bersentuhan, berpelukan, ataupun berjabat tangan. Kita bisa melakukan sentuhan setiap hari. Seperti seorang ibu yang memeluk anaknya ketika sang anak menangis, lalu serta merta sentuhan itu membuat sang anak merasa nyaman dan memunculkan kembali rasa percaya diri sang anak.

Ketika tidak pernah merasakan sentuhan, kita akan menjadi lebih rentan terhadap depresi, stres dan mudah gelisah.  Bahkan, bisa membuat kehilangan kepercayaan diri serta motivasi dalam hidup. Dapat dikatakan bahwa sebuah sentuhan merupakan cara dasar manusia dalam menunjukkan dan menebarkan kasih sayang kepada orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, sentuhan yang kita rasakan -entah itu dari orang tua, kakak, adik, saudara, teman, anak, maupun sentuhan yang diberikan oleh pasangan kita, merupakan salah satu cara berkomunikasi  yang paling efektif. Diane Ackerman dalam buku ‘Natural History of the Senses’ mengatakan bahwa sebuah sentuhan memiliki kemampuan yang lebih kuat daripada kata-kata maupun kontak emosional. Hal ini dikarenakan sentuhan mempunyai banyak makna. Sentuhan dapat memberikan kita rasa nyaman, terhibur maupun kebahagiaan.

Jika dilihat dalam hal rumah tangga, sentuhan dapat berarti kasih sayang keluarga, ungkapan cinta, kepedulian dan rasa aman. Bentuk sentuhan bisa beragam termasuk hubungan seksual. Bahkan, meskipun seorang suami hanya menggenggam tangan istrinya, sang istri sudah dapat merasakan perasaan aman dalam dirinya.

Untuk pasangan yang belum menikah, sentuhan dapat diartikan dengan wujud kasih sayang yang berfungsi merekatkan hubungan sosial antar teman. Bentuk-bentuk sentuhannya seperti memeluk, merangkul maupun bergandengan tangan. Sedangkan pelukan yang diberikan orang tua kepada anaknya atau sahabat dapat memunculkan rasa kasih sayang antar sesama.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena tubuh memproduksi hormon oksitosin, yaitu hormon yang berperan sebagai pereda tekanan serta menimbulkan perasaan nyaman dengan orang terkasih. Oleh karena itu, ketika kita menggenggam tangan mereka, kita dapat memberikan rasa nyaman, perlindungan dan kasih sayang sekaligus.

sentuhan-orangtua

Sentuhan memiliki makna yang sangat dalam dan berpengaruh terhadap setiap manusia.

Sentuhan mempunyai makna yang sangat dalam dan cukup berpengaruh di dalam perkembangan psikologis seseorang. Hal ini disebabkan karena adanya jutaan sel penangkap sensor yang terhubung pada kulit dan langsung mengirimkan sinyal tersebut ke spinal cord dan otak. Selain itu, sentuhan kecil dapat merangsang prefrontal lobe; bagian yang mengatur emosi pada otak untuk lebih membuka diri. Sel-sel tersebut yang membuat kita tanggap terhadap lingkungan dan memahami apa yang terjadi pada tubuh. Selain itu, sentuhan pun dapat meruntuhkan pertahanan diri dan dapat menumbuhkan kepercayaan pada sesama.

Akibat nyata dapat dilihat dari sentuhan yang diberikan oleh ibu kepada anaknya. Dengan melakukan pijatan kepada bayi selama 15 menit sebanyak tiga kali sehari, bayi dapat bertambah berat badannya sebanyak 47% dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan sentuhan. Selain itu, aktifitas ini dapat memicu pertumbuhan sistem saraf serta kemampuan sensorik bayi secara signifikan. Sehingga, sangat disarankan kepada para orang tua untuk melakukan sentuhan hangat kepada anak-anaknya, karena sentuhan dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan kepercayaan dan relasi jangka panjang.

Nah, setelah mengetahui kehebatan sebuah sentuhan, kita bisa langsung mengaplikasikannya kepada orang-orang terkasih kita. Jadi, tunggu apa lagi?

(Disarikan dari berbagai sumber).

Comments

About author

You might also like

Artikel

Keistimewaan Masjid Istiqlal Yang Tak Dipunyai Masjid Lain (1)

Masjid Istiqlal merupakan kebanggaan umat Islam Indonesia. Kemegahan dan arsitekturnya yang unik membuat Masjid satu ini begitu istimewa.

Tokoh

Benarkah Tongkat Bung Karno Mengandung Kesaktian ?

Banyak mitos yang dilekatkan dengan sosok Bung Karno. Salah satu mitos yang masih menjadi misteri adalah kesaktian tongkat beliau.

Hits

Putri Charlotte Berbagi Ulang Tahun Dengan David Beckham

Seperti yang sudah kita dengar bahwa nama putri dari Pangeran William dan Kate Middleton adalah Charlotte Elizabeth Diana. tapi tahukan anda bahwa hari kelahiran sang putri ternyata bersamaan dengan ulang