Hidup Sehat Dengan Donor Darah

Hidup Sehat Dengan Donor Darah

Banyak penyebab dan alasan bagi setiap orang untuk tidak melakukan donor darah. Salah satu dari sekian banyak alasan yang menyebabkan orang-orang merasa enggan untuk melakukan donor darah adalah ‘jarum suntik.’

Rasa sakit yang timbul dari suntikan hanya seperti ‘digigit semut.’ Namun sedikit rasa sakit tersebut memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Donor darah memiliki manfaat yang besar bagi penerima donor dan juga pendonor. Bukan hanya sebagai bentuk kepedulian sosial sesama manusia, donor darah yang dilakukan secara rutin berdampak positif pada kesehatan kita.

Manfaat donor darah sangat banyak, diantaranya :
1. Melindungi jantung,
2. Mencegah stroke,
3. Memperbaharui sel darah baru,
4. Menurunkan resiko terkena kanker,
5. Meningkatkan produksi darah,
6. Menurunkan kadar kolesterol,
7. Meningkatkan sel darah merah,
8. Menurunkan berat badan,
9. Meningkatkan kesehatan psikologis.

Tanpa kita sadari, donor darah tidak hanya bermanfaat secara biologis. Donor darah juga bermanfaat pada psikososial kita sebagai manusia; meningkatkan empati. Beberapa penelitian mengenai donor darah di Eropa menyatakan bahwa kehidupan sosial para pendonor darah lebih baik dibanding mereka yang tidak pernah mendonorkan darahnya.

Manfaat donor darah pada wanita
Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa donor darah juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Tanpa harus mengkonsumsi obat-obat kimia yang mayoritas memiliki dampak pada organ dalam, donor darah secara rutin dapat membantu kita meraih berat badan ideal, kulit kencang, serta bentuk tubuh idaman.

Berdasarkan studi yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Quebec, jogging pada treadmill selama 30 menit mampu membakar 213 kalori bagi wanita. Sedangkan bagi pria, jogging selama 30 menit mampu membakar 276 kalori.

Dengan mendonorkan 450 ml darah, maka kita membuang 650 kalori dari dalam tubuh.

Stress adalah salah satu penyebab menurunnya kekencangan kulit yang merupakan gejala awal proses penuaan. Hal ini disebabkan banyaknya zat racun dalam darah, serta kurangnya kadar oksigen didalam darah.

Setelah melakukan transfusi, maka tubuh tubuh kita akan meregenerasi darah merah. Darah segar yang memiliki kandungan oksigen yang cukup, serta belum terkontaminasi radikal bebas.

Nutrisi dan oksigen dalam darah ini berfungsi untuk mengurangi stres pada diri kita. Apabila donor darah dilakukan secara rutin, maka kecil kemungkinan kita akan mengalami stres.

Hilangkan rasa takut pada jarum suntik, rasakan berbagai manfaatnya. Mendonorkan darah kita, sama dengan menolong 3 nyawa. #GiveBloodGiveLife*

Comments

About author

You might also like

Artikel 0 Comments

Taman Tematik Membuat Anda Bahagia

“Ciri kota yang baik adalah kota yang bisa menggoda warganya untuk keluar rumah dengan sukarela. Bersantai di jalur pedestrian atau di bibir bangunan atau berinteraksi di taman kota” -Enrique Penelosa,

Gaya Hidup

iPhone Hindustan: Made in India

Obama bertanya pada Steve Jobs, “Mengapa pekerjaan membuat iPhone tidak dibawa pulang ke Amerika?”. Dengan kata lain, membangun pabrik di Amerika.

Gaya Hidup

Dunia Medis Berperang Melawan Sel Kanker

Kemoterapi bisa meningkatkan usia harapan hidup penderita kanker, namun tidak dapat memberikan kesembuhan total.