Ilmuwan Peraih Nobel “A Beautiful Mind” Wafat dalam Kecelakaan

Ilmuwan Peraih Nobel “A Beautiful Mind” Wafat dalam Kecelakaan

John Nash, tokoh Peraih Nobel Ekonomi yang diangkat dalam  film "A Beautiful Mind"

John Nash, tokoh Peraih Nobel Ekonomi yang diangkat dalam film “A Beautiful Mind”

Masih ingat dengan film “A Beautiful Mind” yang diperankan aktor Russel Crowe? Film yang dirilis pada tahun 2001 lalu berdasarkan biografi John Nash.

John Forbes Nash adalah seorang ilmuwan, matematikawan Amerika Serikat, peraih Nobel dalam bidang ekonomi pada tahun 1994.

Filmnya sendiri yang berdasarkan cerita dirinya, “A Beautiful Mind” berhasil menyabet beberapa penghargaan Oscar.

Sayangnya, kabar buruk datang Sabtu (23/5/2015) lalu. Seperti dilansir dari laman metrotvnews.com, Ahli matematika yang menjadi inspirasi film ‘A Beautifil Mind’ meninggal dalam kecelakaan taksi. John Forbes Nash Jr, tewas bersama sang istri.

Nash yang bersama istrinya, Alicia, tengah berada di dalam taksi di dekat Balai Kota Monroe, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Tokoh peraih Nobel ekonomi itu, wafat di usia 86 tahun.

“Mereka tengah berada di sisi kiri, ketika taksi yang ditumpanginya kehilangan kendai saat hendak menyalip mobil lain,” ujar petugas polisi New Jersey Gregory Williams, seperti dikutip CNN, Senin (25/5/2015).

“Taksi itu kemudian menghantam pembatas jalan dan pasangan tersebut terlempar keluar dari taksi. Mereka tewas di lokasi kejadian,” imbuh Williams.

Kabar mengenai kematian Nash mengejutkan dunia ilmu pengetahuan di AS, termasuk juga di Hollywood. Presiden Princeton University Christopher L. Eisgruber, menyebutkan Nash dan istrinya adalah warga dari Princeton University.

“Kami terkejut dan berduka dengan kabar wafatnya John Nash dan istri, Alicia. Keduanya adalah anggota khusus masyarakat Princeton University,” sebut Eisgruber.

Eisgruber menyebut pencapain Nash yang banyak menginspirasi ahli matematika, ekonomis dan ilmuwan yang terpengaruh oleh karyanya yang menakjubkan.

Dia juga menyebutkan kisah hidupnya bersama Alicia telah menggugah mereka yang telah membaca buku atau menonton film tentang Nash.

Disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Artikel

Jasa Soekarno Menemukan Makam Imam Bukhari, Perawi Hadits Terkenal

Keberanian Presiden Pertama kita menjadi buah bibir. Penyelamatan Mesjid Biru di Sovyet dan penemuan Makam Imam Bukhari adalah jasa-jasanya. Imam Bukhari bagi umat muslim merupakan tokoh perawi hadits shahih terkenal.

Makanan

Dodol, Cemilan Dari Garut yang Melegenda

Garut dan dodol seakan tak terpisahkan. Meski potensi Garut sangat beragam, dodol tetap merupakan ikon Garut yang melegenda.

Artikel

Siapa Sangka, Foto Berwarna Ini Sudah Berusia 100 Tahun !

Bagi kita yang lahir di periode 80 hingga 90 puluhan mungkin tidak terlalu aneh melihat foto berwarna. Meski masih memakai film sebagai medianya, foto berwarna sudah begitu lumrahnya.