iPhone Hindustan: Made in India

iPhone Hindustan: Made in India

iPhone 6 dan iPhone 6 plus

iPhone 6 dan iPhone 6 plus

Sekitar tahun 2011 di Silicon Valley-USA, dalam sebuah diskusi makan malam antara Obama dan para CEO perusahaan teknologi seperti Mark Zuckerberg (Facebook), Steve Jobs (Apple) dan Bill Gates (Microsoft).

Obama bertanya pada Steve Jobs, “Mengapa pekerjaan membuat iPhone tidak dibawa pulang ke Amerika?”. Dengan kata lain, membangun pabrik di Amerika.

Seperti yang telah diketahui  pabrik perakitan iPhone berada di Negeri Tiongkok, China.

Apple dan Foxconn dikabarkan akan mendirikan pabrik perakitan baru diluar Tiongkok, yaitu di India. Selain pendirian pabrik, Apple juga membuka kemungkinan untuk mendirikan pusat riset dan pengembangan di tanah Hindustan.

Baru-baru ini Menteri Komunikasi dan Informatika India, Ravi Shankar Prasad berjumpa dengan bos Apple wilayah Eropa, TImur Tengah, India dan Afrika dalam rangka mengupayakan pembangunan pusat riset.

Eksistensi pabrik iPhone di India dinilai menguntungkan masing-masing pihak yang terlibat.
Bagi India, pabrik gadget terpopuler ini dapat memperbanyak lapangan kerja bagi warganya. Dengan minat besar pemerintah India akan kerjasama bisnis ini, besar kemungkinan pihak Foxconn akan mendapat keringanan pajak.

Sedangkan bagi Apple sendiri, India merupakan salah satu prospek perluasan pasar smartphone mengingat populasi India tercatat lebih dari 17,5% dari total populasi dunia.

India sendiri merupakan salah satu negara dengan jumlah ponsel terbesar di dunia, tapi hanya 7% yang merupakan produk rakitan India.

Pemerintah India dikabarkan telah mengizinkan Foxconn untuk membangun fasilitas perakitan iPhone “Made in India” di wilayah Marashta. Salah satu wilayah yang memiliki populasi terbesar di India, hal ini pun konon akan mendapatkan suntikan dana dari pemerintah.

(dari berbagai sumber)

Comments

About author

You might also like

Makanan

Jajanan Khas Ramadhan Paling Top (2-tamat)

Bulan Ramadhan sudah tiba. Ada ke-khasan bulan ini yang tidak dijumpai dibulan-bulan lainnya, yakni jajanan Ramadhan.

Jalan-Jalan 0 Comments

Teropong Bintang Bosscha Lembang

Ingin melihat bintang atau bulan ? Anda tidak perlu menjadi Neil Armstrong atau jauh-jauh bepergian ke sana. Tengok saja Observatorium Bosscha di Lembang. Jika langit sedang cerah, anda dapat melihat

Gaya Hidup

Victoria Beckham Ikut-Ikutan Demam Batu Akik

Ternyata demam batu akik sudah mewabah ke mana-mana. Bukan masyarakat Indonesia saja yang dibius batu akik akhir-akhir ini. Selebritis dunia, semacam Victoria Beckham ikut-ikutan.