iPhone Hindustan: Made in India

iPhone Hindustan: Made in India

iPhone 6 dan iPhone 6 plus

iPhone 6 dan iPhone 6 plus

Sekitar tahun 2011 di Silicon Valley-USA, dalam sebuah diskusi makan malam antara Obama dan para CEO perusahaan teknologi seperti Mark Zuckerberg (Facebook), Steve Jobs (Apple) dan Bill Gates (Microsoft).

Obama bertanya pada Steve Jobs, “Mengapa pekerjaan membuat iPhone tidak dibawa pulang ke Amerika?”. Dengan kata lain, membangun pabrik di Amerika.

Seperti yang telah diketahui  pabrik perakitan iPhone berada di Negeri Tiongkok, China.

Apple dan Foxconn dikabarkan akan mendirikan pabrik perakitan baru diluar Tiongkok, yaitu di India. Selain pendirian pabrik, Apple juga membuka kemungkinan untuk mendirikan pusat riset dan pengembangan di tanah Hindustan.

Baru-baru ini Menteri Komunikasi dan Informatika India, Ravi Shankar Prasad berjumpa dengan bos Apple wilayah Eropa, TImur Tengah, India dan Afrika dalam rangka mengupayakan pembangunan pusat riset.

Eksistensi pabrik iPhone di India dinilai menguntungkan masing-masing pihak yang terlibat.
Bagi India, pabrik gadget terpopuler ini dapat memperbanyak lapangan kerja bagi warganya. Dengan minat besar pemerintah India akan kerjasama bisnis ini, besar kemungkinan pihak Foxconn akan mendapat keringanan pajak.

Sedangkan bagi Apple sendiri, India merupakan salah satu prospek perluasan pasar smartphone mengingat populasi India tercatat lebih dari 17,5% dari total populasi dunia.

India sendiri merupakan salah satu negara dengan jumlah ponsel terbesar di dunia, tapi hanya 7% yang merupakan produk rakitan India.

Pemerintah India dikabarkan telah mengizinkan Foxconn untuk membangun fasilitas perakitan iPhone “Made in India” di wilayah Marashta. Salah satu wilayah yang memiliki populasi terbesar di India, hal ini pun konon akan mendapatkan suntikan dana dari pemerintah.

(dari berbagai sumber)

Comments

About author

You might also like

The Monk Who Sold His Ferrari

“Banyak orang di masyarakat kita yang mengambang seperti kapal tanpa kemudi, jiwa-jiwa gelisah mencari mercusuar yang akan mencegah mereka bertabrakan dengan batu karang.” kutipan dari buku karya Robin Sharma ini

Gaya Hidup

Apa Saja Makanan Kesukaan Bung Karno ?

Bung Karno, begitu banyak peran yang dijalankan dalam hidupnya, Proklamator, Presiden RI, Founding Father, lantas bagaimana kesehariannya ?

Gaya Hidup 0 Comments

Suatu Sore Bersama Gandhi, MLK dan Mandela (1)

Seperti biasa, setiap akhir pekan Saya menghabiskan sore di beranda rumah. Di temani secangkir kopi, dan pisang goreng buatan istri sudah cukup mumpuni. Namun, sore ini bukanlah sore yang biasa.