It’s A Wonderful Life, (Frank Capra, 1946).

It’s A Wonderful Life, (Frank Capra, 1946).

Film "It's a Wonderful Life". Frank Capra, 1946.

Film “It’s a Wonderful Life”. Frank Capra, 1946.

Ketika seseorang sedang down, kecewa dengan keadaan yang menimpanya, tak kunjung mendapatkan solusi terhadap masalahnya, maka banyak yang berharap tidak pernah dilahirkan.

 

Alur cerita film ini sederhana, seorang pemuda cerdas bernama George Bailey (diperankan James Stewart) terpaksa me-repress idealisme dan impiannya, lalu mengabdi pada lingkungan. Sampai suatu ketika ia menghadapi masalah besar dan berpikir untuk bunuh diri. disinilah konsep brilian yang sangat inspiratif dimunculkan.

Dalam film ini kita diajak menyusuri kehidupan orang-orang disekitar George, tanpa kehadiran George. Disini juga lah kita diajak untuk berfikir bagaimana kehidupan tanpa diri kita. Inilah bagian yang luar biasa inspiratif.

Sebagian film ini memang khayalan, tetapi film ini mengingatkan bahwa khayalan tidak harus selalu mengenai sebuah lingkungan yang tidak biasa dan juga sosok-sosok aneh seperti Avatar, atau film-film lain dalam genre Sci-Fi. 

Film ini mengajak kita berkhayal hal ringan, “bagaimana dunia ini tanpa saya?“. Khayalan ini tidak memerlukan efek-efek canggih canggih, betapa Frank Capra tidak memaksakan teknologi yang ada pada saat itu. Seorang Film-Maker bermain dalam konsep visual yang hebat, tanpa mengandalkan teknologi. How clever Frank Capra is. Sementara, film-film khayalan pada saat ini didominasi oleh film-film Sci-Fi dengan biaya produksi yang sangat besar.

Setelah menonton film ini, penonton akan terpengaruh untuk berfikir “how is life would be without me?“, “have we did something for others?”. Dan apapun yang kita kerjakan, kita pasti pernah melakukan sesuatu hal yang mengubah hidup orang lain. Film ini juga mengatakan bahwa setiap manusia itu terhubung. Sehingga pada saat seseorang tidak pernah hidup, tentunya banyak orang lain yang hidpnya berubah.

Kemudian pada akhirnya, penonton akan bersyukur atas kesempatan hidup yang diberikan Tuhan pada kita.
How Wonderful Life is.

“bagaimana jadinya kehidupan tanpa saya?” …. “apakah kita pernah melakukan sesuatu bagi orang lain?”

kontributor : @ririe_risa

Comments

About author

You might also like

Hits

Face-kini yang Mengejutkan Dunia Fashion

Face-kini ini pertama kali terlihat digunakan oleh beberapa warga Tiongkok yang melewatkan liburan musim panas di pantai Qindao

Jalan-Jalan

Pulau Onrust : Benteng VOC, Karantina Haji dan Tawanan Nazi

Jika Anda kebetulan berwisata ke Kepulauan Seribu, kurang lengkap apabila tidak berkunjung ke Pulau Onrust. Sebuah Pulau yang kaya cerita dan sejarah. Pulau Onrust merupakan salah satu pulau di Kabupaten

Gaya Hidup

Tidak Suka Sex? Waspada Kemungkinan Sexual Anorexia

Saat bagian dari diri kita yang berhubungan dengan seksual ditutup rapat atau dibatasi, maka kondisi psikologis pun terganggu.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply