Jajanan Khas Ramadhan Paling Top (1)

Jajanan Khas Ramadhan Paling Top (1)

jajanan ramadhan

Bulan Ramadhan sudah tiba. Ada ke-khasan bulan ini yang tidak dijumpai dibulan-bulan lainnya, yakni jajanan Ramadhan.

Jajanan Ramadhan ini menjadi salah satu khazanah kekayaan kuliner nusantara. Banyak tradisi yang menyertai kekhasan kuliner ini terutama dari sisi budaya lokal Indonesia.

Jika dibuat daftarnya, dari Sabang hingga Merauke memilki jajanan khas ramadhan. Keistimewaan setiap daerah akan jajanan dan pengaruh rempah yang berlimpah menambah keragaman kulinernya.

Berikut beberapa jajanan tradisi nusantara pada saat ramadhan yang berhasil dirangkum.

kolak-pisang-dan-ubi

1. Kolak.
Siapa yang tidak mengenal kuliner satu ini. Kehadirannnya di bulan Ramadhan sangat ditunggu oleh setiap keluarga. Kolak adalah makanan asal Indonesia berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dengan santan dan gula aren.

Yang unik, konon kuliner satu ini tidak diasosiasikan dengan khas daerah tertentu di Indonesia walaupun Kolak yang paling dikenal adalah Kolak dari Bandung.

Namun jaman dulu dikenal ketika masa penyebaran agama Islam. Terlepas dari sejarah tersebut makanan yang biasanya jadi makanan pembuka ini menjadi sangat populer di bulan puasa.

cendol

2. Cendol.
Cendol di Jawa Barat, khususnya Bandung sangat popular. Cendol terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan gula merah, santan dan es batu yang diserut sebagai pelengkap.

Jika di daerah jawa Tengah lebih akrab disebut Es Dawet. Dalam bahasa Sunda asal muasal kata cendol ini merujuk dari kata “jendol” yang artinya muncul atau “ngajendol” yakni ada butiran yang muncul ketika masuk ke mulut seperti agar agar.

kurma

3. Kurma
Meski aslinya bukan dari Nusantara, setiap bulan puasa, stok kurma biasanya sudah melimpah menjelang ramadhan. Kuliner sarat dengan gizi ini sudah menjadi penangan yang mendunia.

Konon tanaman kurma ini berasal dari bantaran sungai Nil. Selain sarat gizi juga mempunyai anti oksidan tinggi dan mempunyai kadar gula alami yang baik dan menyehatkan.

cincau

4. Cincau.
Kuliner satu ini juga sebenarnya bukan asli Nusantara. Cincau adalah agar-agar yang diolah dari dedaunan. Cincau sendiri merupakan kuliner akulturasi dari Cina (xiancao atau sienchau) dalam bahasa asalnya sendiri Cincau adalah nama tumbuhan Mesona.

Cincau ini juga memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Daun ini mengandung zat anti protozoa, tetrandine, alkaloid dan lainnya yang berfungsi sebagai anti malaria, obat panas, demam, panas dalam, vertigo, hipertensi, maag dan konon juga sebagai zat anti kanker.

mie glosor

 

5. Mie Glosor
Setiap bulan Ramadhan tiba, mie glosor selalu menjadi menu tajil berbuka puasa di kota Bogor. Ramadhan identik dengan mie glosor karena hampir semua orang mencari menu yang satu ini. Mie glosor sekilas sama dengan mie kuning yang sering kita jumpai.

Yang membedakan hanya bahan bakunya. Jika mie kuning biasa terbuat dari tepung terigu, maka mie glosor ini menggunakan adonan tepung sagu atau aci dan tambahan kunyit untuk membuat warnanya menjadi lebih kuning.

Mie glosor biasanya disajikan bersama sambal kacang yang pedas yang diguyurkan diatas mie. Gorengan seperti Bakwan dan tempe adalah salah satu pendamping favorit mie glosor. Di Bogor mie glosor selain bisa ditemukan di sepanjang jalan Bangbarung (..Bersambung).

Dari beragam sumber

Comments

About author

You might also like

Nasional

GBK Jadi Penentu Siapa Jawara Piala Presiden, Persib atau Sriwijaya FC ?

Minggu, 18 Oktober nanti jadi tanggal penentuan, siapa juara sejati ? Siapa juara Piala Presiden, apakah Persib atau Sriwijaya FC ?

Gaya Hidup

Ubud Food Festival 2015: Berlibur Menikmati Kuliner Nusantara

Musim liburan segera tiba, bagaimana jika berlibur sambil menikmati beragam kuliner nusantara sambil menikmati pemandangan ubud?

Artikel

Trend Batu Akik Dalam Negeri Meredup, Di Luar Negeri Terang Benderang

Musim batu akik di dalam negeri agaknya meredup, demamnya muali menurun akhir-akhir ini, tapi hal ini tidak terjadi di luar negeri.