Jajanan Khas Ramadhan Paling Top (2-tamat)

Jajanan Khas Ramadhan Paling Top (2-tamat)

jajanan ramadhan2

Bulan Ramadhan sudah tiba. Ada ke-khasan bulan ini yang tidak dijumpai dibulan-bulan lainnya, yakni jajanan Ramadhan.

Berikut beberapa jajanan tradisi nusantara pada saat ramadhan yang berhasil dirangkum.

sate susu

6. Sate Susu
Pulau Dewata memiliki kuliner khas ramadhan, yakni Sate susu. Sate susu ini mungkin kurang familiar tetapi sesungguhnya diambil dari bagian susu sapi ini dipercaya punya khasiat untuk menambah stamina, seperti minum susu.

bongko kopyor

7. Bongko Kopyor
Di Gresik, Jawa Timur Bongko Kopyor menjadi hidangan khas yang disajikan saat berbuka. Bangka Kopyor, demikian nama hidangan tersebut, merupakan kepanjangan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Menu kuliner spesial ini dibuat menggunakan bahan baku tepung terigu, buah kelapa, pisang, nangka, santan kelapa, dan roti tawar.

kicak

8. Kicak

Kicak berasal dari kota keraton Yogyakarta. Kicak adalah salah satu makanan yang sangat khas dan cukup populer di bulan Ramadhan. Kuliner khas ramadhan ini hanya bisa dijumpai saat bulan puasa tiba.

Biasanya menu makanan ini banyak dijajakan di daerah Kauman yang merupakan asal muasal makanan ini dibuat. 
Makanan Kicak menggunakan bahan dasar beras ketan. Rasa manis dan aroma wangi nangka membuat penganan ini makin enak. Apalagi penyajiannya dibungkus dengan daun pisang.

pakat tapanuli

9. Pakat
Rotan bisa dimakan ? cobalah Pakat. Pakat adalah kuliner tradisi khas Masyarakat Tapanuli yang sering muncul di bulan ramadhan. Makanan ini terbuat dari rotan yang disebut sebagai pakat. Makanan ini berasal dari rotan.

Namun tentu saja bukan rotan yang biasa Anda lihat untuk membuat anyaman, karena rotan yang digunakan di sini adalah rotan yang berusia muda.
Untuk menambah kenikmatan, rotan muda kemudian dibubuhi dengan santan.

ketan bintul

10. Ketan Bintul
Banten bukan hanya terkenal karena debusnya, ada satu kuliner khas ramadhan yang terkenal, yakni Ketan bintul. Ketan bintul ini berbahan baku nasi ketan yang dihaluskan, yang disajikan bersama sepotong daging sapi berikut gulainya.

Konon, kehadiran ketan bintul sebagai menu Ramadhan ini sudah dimulai sejak 5 abad yang lalu, dan dahulu kentan bintul ini menjadi makanan kesukaan para raja Banten.

Konon pula menurut cerita dari orang-orang tua terdahulu, ketan bintul merupakan makanan kegemaran Sultan Maulana Hasanuddin, seorang pangeran yang menjadi panutan masyarakat kerajaan Banten pada waktu itu.

gorengan

11. Gorengan
Siapa yang tidak mengenal gorengan ? Di hari-hari biasa pun, kuliner ini selalu menjadi favorit. Kuliner satu ini sebanarnya ada hampir di setiap daerah nusantara.

Gorengan ini terdiri dari berbagai macam jenis seperti tahu, bakwan atau bala-bala, ubi, pisang, nanas, nangka. Dicampur dengan adonan terigu lalu digoreng kadang disajikan dengan bumbu kacang atau rawit sebagai pelegkap. Disajikan dengan hangat biasanya lebih diutamakan.

kolang kaling

12. Kolang Kaling
Kuliner satu ini sudah tidak aneh lagi. Kolang-kaling adalah nama cemilan berbentuk lonjong transparan yang berasal dari biji pohon aren (Arenga Pinnata) yang berbentuk pipih dan mempunyai getah.

Kolang-kaling ini memiliki kadar air yang sangat tinggi, protein, karbohidrat abu dan serat kasar. Selain itu mempunyai manfaat memperlancar pencernaan manusia.

Kolang-kaling ini biasanya diolah sebagai makanan ringan yang diolah dengan sirup, pewarna dan gula. Kuliner satu ini juga menjadi favorit disetiap puasa dan idul fitri.

disarikan dari beragam sumber.

About author

You might also like

Napak Tilas 0 Comments

Melacak Industri Perak di Kota Gede, Yogyakarta

  Munculnya kerajinan perak di Kotagede bersamaan dengan berdirinya Kotagede sebagai ibu kota Mataram Islam pada abad ke-16. Ada bukti yang menunjukkan bahwa seni kerajinan perak, emas, dan logam pada

Gaya Hidup 0 Comments

Motor Antik: Legenda, Jati Diri dan Investasi (1)

  Motor antik atau motor klasik merupakan sebutan bagi motor-motor yang sudah berumur ujur. Walaupun sebenarnya tidak ada batasan apa yang disebut antik atau klasik tersebut hanya diukur dari tahun

Gaya Hidup

Jangan Remehkan Menu Sahur Anda !

Puasa menjadi kewajiban bagi muslim yang sudah memasuki akil baligh. Namun ritual ini yang sering dilewatkan, yakni sahur.