Jangan Remehkan Menu Sahur Anda !

Jangan Remehkan Menu Sahur Anda !

Menu sahur yang tepat menjaga kualitas puasa anda

Menu sahur yang tepat menjaga kualitas puasa anda

Puasa menjadi kewajiban bagi muslim yang sudah memasuki akil baligh. Namun ritual ini yang sering dilewatkan, yakni sahur.

Bagi sebagian orang tidak terlalu mementingkan tentang menu makan sahur. Sering, mungkin karena mengantuk mereka makan seadanya, atau malahan hanya minum air putih saja.

Akan tetapi, memilih menu makan sahur yang tepat nantinya akan membuat puasa kita tidak terganggu oleh lemas atau ngantuk.

Untuk membuat tubuh kita merasa tetap fit dalam berpuasa, tentunya kita harus pintar-pintar memilih menu makan sahur yang sehat dan tepat.

Contoh kecil yang mungkin dianggap sepele oleh kita adalah sahur dengan menu makanan yang dihangatkan sisa dari menu berbuka puasa.

Hal tersebut dianjurkan untuk tidak dilakukan, masalahnya makanan yang sudah melalui tahapan pemasakan beberapa kali tentunya akan mengurangi kandungan gizi dan vitamin dalam makanan tersebut.

Menu sahur harus cukup akan kandungan karbohidrat dan protein, dengan tambahan menu lauk pauk yang cukup akan kandungan gizi dan vitamin yang baik seperti ikan dan daging. Karena karbohidrat dan protein sangat berguna untuk menambah energi kita dalam berpuasa.

Dalam memilih lauk pauk untuk sahur kita dianjurkan menghindari menu makanan yang berlemak seperti gorengan atau yang berkuah santan, karena tubuh kita akan berat untuk mencerna makanan tersebut.

Agar kita bisa terhindar dari rasa haus dan dehidrasi selama berpuasa, cobalah sesering mungkin untuk minum air putih di waktu sahur, berbuka dan di sela-sela berbuka dan makan sahur, karena air juga merupakan salah satu sumber energy bagi tubuh kita. Sebagai pelengkap kita juga bisa meminum susu di waktu sahur agar kita tetap bugar.

Di waktu sahur, kita dianjurkan untuk menghindari makanan yang manis-manis, pasalnya makanan manis hanya cocok untuk menu berbuka puasa saja, namun untuk di makan disaat sahur justru hal tersebut akan membuat kita akan merasa cepat lapar dan haus.

Kita bisa menggantinya dengan mengkonsumsi buah buahan yang kaya akan serat alami sebagai sumber vitamin yang baik bagi tubuh kita. Buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.

Dan yang tak boleh dilupakan, kita harus ingat janganlah makan berlebihan di saat kita sahur, karena selain tidak baik dari segi agama, ternyata bagi tubuh kita juga tidak baik.

Karena jika makan berlebihan nantinya akan menyebabkan tubuh kita cepat merasa lemas sehingga akan menyebabkan terganggunya puasa kita. Oleh karena itu makanlah secukupnya dan SELAMAT BERPUASA.

Dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup 0 Comments

Motor Antik: Legenda, Jati Diri dan Investasi (2)

Artikel ini lanjutan dari artikel sebelumnya, all about motor antik dan klub MACI. Nah, catatan tentang legenda motor antik dan klasik menjadikan para penggemar terus berburu selain karena nilai sejarah,

Lingkungan

Harta Karun di Perairan Indonesia Diperkirakan Bernilai 127,6 Triliun ! (3-tamat)

Selain ikan dan minyak bumi, muatan harta karun dari kapal-kapal karam yang disinyalir berjumlah jumlah ratusan !

Makanan

Kuliner Khas Sunda di Majalengka Part 1

Jika anda kangen dengan masakan sunda jaman baheula atau jadul, maka anda akan kesulitan mencarinya di kota besar seperti Bandung. Tapi kalau anda sempat jalan-jalan ke daerah Majalengka, anda akan menemukan kuliner tersebut di kabupaten ini