Jasa Soekarno Menyelamatkan Universitas Al-Azhar Mesir

Jasa Soekarno Menyelamatkan Universitas Al-Azhar Mesir

Mesir bukan semata soal Piramida. Di sana ada Universitas Al-Azhar. Mesir dan Universitas ini ibarat dua sisi mata uang.

Universitas ini sudah berusia 1000 tahun lebih. Dibangun oleh Dinasti Fatimiyah hingga sekarang tetap menjadi perguruan tinggi prestisius di kalangan umat muslim.

Ketika Mesir dilanda gelojak politik hebat, Universitas Al Azhar yang didirikan tahun 970 Masehi atau 350 Hijriah pada masa kekuasaan Fatimiyah akan ditutup, lantaran kerap digunakan rapat untuk melakukan kudeta.

Meski masih rencana, namun kabar penutupan Al Azhar ini membuat umat Muslim bersedih. Sebab Al Azhar dan Mesir sudah menjadi satu keping mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Universitas yang memiliki jutaan mahasiswa ini juga merupakan simbol umat Muslim.

Di waktu yang serba sulit itulah Presiden Republik Indonesia (RI) Soekarno memainkan perannya yang utama. Saat melakukan kunjungan luar negeri di Mesir, Soekarno menemui Presiden Gamal Abdel Nasser yang berencana menutup Al Azhar.

Dalam pertemuan itu, Soekarno meminta Presiden Gamal membatalkan niatnya untuk menutup Al Azhar. Atas jasa Soekarno itulah, maka hingga kini umat Muslim di dunia masih bisa mengenyam pendidikan di Al Azhar.

Seperti apa percakapan Soekarno dalam membujuk Presiden Gamal Abdel Nasser hingga rencananya menutup Al Azhar urung dilakukan? Ulama senior Universitas Al Azhar Prof Dr Syeikh Aly Goumah mengingat percakapan itu demikian:

“Ya Gamal, kenapa anda mau menutup Al Azhar? Ya Gamal, Al Azhar itu terlalu penting untuk dunia Islam. Kami mengenal Mesir itu justru karena ada Al Azhar,” kata Soekarno, seperti diingat kembali oleh Syeikh Aly Goumah.

Presiden Gamal pun pasrah sembari berucap, “Ya, mau bagaimana lagi?”, kemudian dijawab Soekarno, “Ya Gamal, tidak ada itu istilah penutupan, anda wajib menata kembali Al Azhar, mendukungnya, dan mengembangkannya, bukannya menutup”.

Ternyata usulan Soekarno itu sangat diperhitungkan Presiden Gamal Abdel Nasser, dan rencana penutupan Al Azhar pun akhirnya dibatalkan. Hingga kini, Universitas Al Azhar masih berdiri kokoh dan telah memiliki mahasiswa jutaan.

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Artikel

Surga Itu Bernama Ciletuh Geopark (1)

Indonesia sangat kaya alamnya, dan yang menakjubkan kita memiliki Geopark. Lokasinya tidak terlalu jauh, masih di Jawa Barat juga.

Artikel

Penampakan Supermoon Berdarah di Dunia

Sebagian besar penduduk bumi menyaksikan peristiwa langka “gerhana supermoon”, ketika gerhana bulan berlangsung bersamaan dengan supermoon.

Jalan-Jalan 0 Comments

Kuburan-Kuburan Paling Unik di Nusantara

Kematian. Moment kesedihan ini ditanggapi secara beragam oleh berbagai kebudayaan. Jika di Mesir sana, jenazah seorang Fir’aun di balsam dan di mummi-kan, maka di belahan dunia lain moment tersebut di