Jejak Bung Karno di Kota Bandung

Jejak Bung Karno di Kota Bandung

Bung Karno dan Inggit Garnasih

Bung Karno dan Inggit Garnasih

Lapas Sukamiskin

Lapas Sukamiskin

Gedung Indonesia Menggugat

Gedung Indonesia Menggugat

Rumah Ibu Inggit di Ciateul

Rumah Ibu Inggit di Ciateul

Bandung adalah kota perjuangan. Sebut saja Bung Karno, Bung Hatta, Syahrir, pernah menjejakkan sejarah di ibukota Priangan ini. Banyak momen penting yang terjadi di sini, terutama yang berkaitan dengan “Founding Fathers” Bangsa kita.

Terlebih Bung Karno. Bandung merupakan “kawah candradimuka” yang menggembleng kematangan politiknya. Sebagian jejak Bung Karno di kota ini masih terlihat, meski beberapa dalam kondisi memrihatinkan. Berikut penelusurannya.

1. Jejak pertama adalah Rumah Ibu Inggit Garnasih. Rumah yang terletak di ujung jalan Ciateul ini adalah kediaman ibu Inggit Garnasih. Di rumah inilah, Soekarno muda indekost. Antara Soekarno dan Inggit Garnasih timbul benih-benih cinta, dan Soekarno menikahi Inggit pada 24 Maret 1923. Sebagai istri, Inggit menemani dan membesarkan jiwa Soekarno, baik di saat susah maupun di saat senang. Jika tertarik cerita lengkapnya, Anda dapat membaca kisah cinta Soekarno dan Inggit dalam buku “Ku Antar Ke Gerbang” karya Ramadhan KH.

2. Jejak kedua adalah ITB (Institut Teknologi Bandung). Setelah menamatkan HBS di Soerabaya, Soekarno muda melanjutkan studinya di Bandung, tepatnya di THS (Technische Hooge School), cikal bakal ITB. Jurusan yang diambil adalah Teknik Sipil. Bung Karno menyelesaikan studinya meraih gelar Insinyur dan sempat memraktekkan ilmunya. Hotel Preanger adalah salah satu karyanya. Namun, karena jiwanya merasa terpanggil oleh kondisi bangsanya, Bung Karno lebih memilih berjuang bersama tokoh pergerakan lainnya memerdekakan Indonesia.

3. Jejak Ketiga adalah Penjara Bantjeuy. Karena aktivitas politik yang dinilai membahayakan penjajah, Bung Karno kemudian ditangkap di Yogjakarta. Dari Yogjakarta diboyong ke Bandung dan dijebloskan di Penjara Bantjeuy. Peristiwa ini terjadi pada Desember 1929. Kamar sel Bung Karno hingga sekarang masih ada dan dijadikan monumen, meski kondisinya sekarang terbilang memrihatinkan.

4. Jejak keempat adalah Gedung Laandrad. Gedung ini menjadi saksi kehebatan Bung Karno melalui pledoinya yang terkenal dengan judul, “Indonesia Menggugat.” Di sanalah Bung Karno, di depan pengadilan kolonial berpidato berapi-api tentang cita-cita kemerdekaan Indonesia. Pidatonya tersebut dibukukan, dan gedung ini sendiri kini dikenal sebagai Gedung Indonesia Menggugat. Buku “Indonesia Menggugat” sendiri telah diterjemahkan dalam belasan bahasa di dunia.

5. Jejak Kelima, Penjara Sukamiskin. Pengadilan kolonial menjatuhkan hukuman penjara selama 4 tahun kepada Bung Karno. Namun, berkat tekanan dari dalam negeri dan dunia internasional, hukuman ini hanya dijalani 2 tahun saja. Bung Karno dijebloskan ke Penjara Sukamiskin.

Comments

About author

You might also like

Hits

UNPAD Menjadi Kampus Terfavorit

Universitas Padjadjaran selalu menyorot perhatian para pelajar sekolah menengah atas yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Artikel

Cerita-Cerita Lucu di Seputar Bung Karno (2-tamat)

Siapa yang tidak mengenal Bung Karno ? Founding Father, proklamator, pahlawan nasional dan seabrek predikat yang melekat pada dirinya.

Budaya

Firaun Tutankhamun Meninggal Ketika Ereksi

Mumi Firaun tidak berjantung, kain hitam, dan juga penis berdiri tegak 90°. Apa sebabnya?

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply