Jenis Batu Akik Indonesia Yang Paling Dicari Kolektor

Jenis Batu Akik Indonesia Yang Paling Dicari Kolektor

Bermacam ragam batu akik Indonesia

Bermacam ragam batu akik Indonesia

Demam batu akik terus bergulir. Di momen KAA (Konferensi Asia Afrika ) 2015 kemarin, batu akik lebih diangkat pamornya.

Adalah Ridwan Kamil, sang Walikota Bandung yang hendak memberikan cinderamata berupa batu akik kepada Kepala Negara yang hadir di KAA ini. Batu akik dari jenis Baturaja dipilih oleh Kang Emil-sebutan akrab Walikota Bandung- karena warna khasnya yang biru seperti Persib. Kesebelasan sepakbola kesayangan tidak hanya bagi warga kota Bandung, tetapi masyarakat Jawa Barat.

Semakin dekat dengan puncak acara KAA, warga Garut turut menyumbang bongkahan batu akik jenis Pancawarna, yang merupakan salah satu andalan dari Garut. Bongkahan batu ini kemudian dipecah dan dijadikan liontin sebanyak 120 buah. Rencananya, batu akik ini pun dijadikan cenderamata untuk ibu negara peserta KAA 2015.

Selain, Baturaja dan Pancawarna yang turut memeriahkan KAA 2015 kemarin, Indonesia memiliki banyak ragam batu akik. Alam Indonesia memberikan kekayaan khazanahnya berupa bebatuan yang indah dan banyak dicari para kolektor. Berikut beberapa jenis batu akik Indonesia yang paing dicari kolektor :

Batu akik Safir

Batu akik Safir

1. Batu Cincin Safir
Merupakan batu permata yang diminati banyak kalangan baik di tanah air maupun dari mancanegara. Namun harganya yang mahal tidak semua orang mampu memiliki jenis batu alam yang indah ini.
Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya.Batu permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu.

Batu akik Kalimaya

Batu akik Kalimaya

2. Batu Cincin Kalimaya (Opal)
Opal atau Batu kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang banyak dicari para kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut. Batu opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten.

Batu akik Jamrud

Batu akik Jamrud

3. Batu Cincin Jamrud
Batu jamrud jenis permata ini memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan sudah dikenal banyak orang sejak ribuan tahun sebagai permata indah dengan harga mahal.

Batu akik Bacan

Batu akik Bacan

4. Batu Bacan
Batu bacan merupakan jenis batu mulia akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea. Harga batu ini mulai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Batu akik Kecubung

Batu akik Kecubung

5. Batu Kecubung
Batu kecubung termasuk salah satu dari sekian banyak batu akik yang juga tengah menjadi incaran banyak Kolektor. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat memesona.

About author

You might also like

Budaya

Sagu, Makanan Pokok yang Terlupakan

Sebagian besar masyarakat Nusantara mengandalkan beras sebagai makanan pokoknya. Tapi tidak semua, di beberapa tempat beras diganti Sagu.

Sains

Takut Gelap? Gunakan Tetes Mata Ini!

Kemampuan melihat manusia sangat terbatas karena bergantung pada intensitas cahaya yang tersedia. Dengan kondisi gelap atau intensitas cahaya rendah, maka kita akan kesulitan melihat sebuah objek. Para ilmuwan dan peretas biologi

Gaya Hidup

Nyotaimori – Sushi Diatas gadis Telanjang

nyotaimori merupakan cara memakan sushi yang unik, sehingga memberikan sensasi pengalaman visual dengan disajikan diatas seorang gadis

1 Comment

  1. thofik Nugroho
    April 27, 18:03
    Semoga KAA membuat pesan moral bagi semua bangsa yang lagi berseteru dan perdamaian dunia

Leave a Reply