Jika Garut Punya Pancawarna, Bandung Punya Batu Oncom

Jika Garut Punya Pancawarna, Bandung Punya Batu Oncom

Oncom bukan saja makanan kegemaran masyarakat parahyangan, namun juga jenis batu akik yang kini mulai naik daun.

Mengapa batu akik ini disebut batu oncom ? Karena memang penampakan dan warnanya seperti oncom, makanan khas masyarakat Jawa Barat. Uniknya, batu ini khas Bandung, khususnya dari daerah Bandung Barat.

Jadi, jika kita mengenal batu akik pancawarna khas Garut, ada batu kalimaya kebanggaan Banten, Ternyata Wilayah Bandung Raya yang meliputi kota/kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Raya dan Kota Cimahi, menyimpan potensi batu akik yang sangat indah dan berkualitas, yaitu batu akik Oncom.

Sekilas batu akik oncom hampir mirip dengan batu pancawarna garut, tetapi warna orange lebih dominan pada batu cincin Oncom. Dari namanya, batu akik oncom memiliki karakteristik berupa warna dominan orange yang mirip oncom, makanan khas Jawa barat.

Batu mulia oncom ini banyak terdapat di gunung hulu kabupaten Bandung Barat, serta batu ini bisa menjadi petunjuk adanya kandungan emas epitermal.

Batu akik oncom juga memiliki motif seperti tulisan kaligrafi arab, hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan mineral arsenic yang masuk kedalam rekahan batu dan bereaksi dengan kangdungan mineral silica di dalam batu, sehingga membuat batu tidak beracun.

Meski demikian, di pasaran batu akik, batu oncom ini, masih belum begitu terkenal dan di minati masyarakat luas. Batu ini masih tersisih dibanding batu akik yang lainnya seperti bacan, giok aceh, sungai dareh, spirtus baturaja dan lainnya.

Selain warna dan motifnya yang unik dan cantik, walau batu akik oncom memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi, yaitu 7 skala mohs, saat ini pasaran batu ini berada pada kisaran 100 hingga 200 ribu.

Dengan keindahan yang dimiliki, bukan tidak mungkin batu ini bakal menjadi salah satu primadona di kalangan kolektor.
Disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Sains

Tahun 2017, Transplantasi Kepala Pertama di Dunia

Seorang pria Russia dipastikan menjadi pasien pertama untuk melakukan operasi transplantasi kepala yang dijadwalkan pada bulan Desember 2017.

Artikel

Sejarah Sebenarnya Permainan Tiki-Taka Barcelona

Gaya tiki-taka versi terbaru yang lebih pragmatis diperagakan raksasa Catalan Barcelona telah menelan korban terbaru yakni dengan menghancurkan Bayern Muenchen 3-0 tanpa balas di stadium Nou Camp. Isitlah tiki-taka dimulai

Hits

Harta Karun di Perairan Indonesia Diperkirakan Bernilai 127,6 Triliun ! (2)

Besarnya potensi harta karun dari kapal-kapal yang tenggelam di perairan Nusantara cukup Fantastik. Hal ini tidaklah aneh, karena semenjak berabad-abad lalu, Nusantara menjadi salah satu pusat perdagangan dan persaingan kapal-kapal dagang dari berbagai negara Eropa.