Jutaan Batu Akik Terhampar di Pantai Ini !

Jutaan Batu Akik Terhampar di Pantai Ini !

Mungkin penampakan batu akik di Pantai Ganting, Ujung Tanjung ini mirip dengan Pantai Glass Beach di California ini

Mungkin penampakan batu akik di Pantai Ganting, Ujung Tanjung ini mirip dengan Pantai Glass Beach di California ini

Anda sering berwisata ke pantai ? Itu mungkin hal biasa. Namun, bagaimana jika pantai tempat Anda berwisata tidak berpasir putih seperti yang Anda bayangkan, tapi terhampar jutaan batu akik ? Nah, ini baru luar biasa !

Cerita ini bukanlah dongengan belaka. Atau memanfaatkan “booming” batu akik yang kini sedang melanda tanah air, namun fakta adanya.

Dan letak pantai ini bukan di mancanegara, melainkan di Indonesia. Letaknya adalah di Pantai Ganting hingga Ujung Tanjung.

Secara administrasi masuk dalam wilayah Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tepatnya di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Muaro Sakai.

Disinilah uniknya yang tak diketemukan di pantai-pantai lainnya. Pantainya justru bukan berpasir tetapi bertebar batu akik.

Bermacam jenis batu bertebaran di sana. Misalnya limau manih, tapak jalak, badar, kecubung, mantiko karambia, sulaiman, panca warna, lavender dan lainnya.

Ukuran batu yang terhampar di sana cukup beragam. Mulai dari sebesar kacang tanah hingga sebesar batu gilingan cabai. Ditimpa matahari, kawasan pantai itu sungguh menakjubkan. Batu akik itu terhampar bak intan berlian.

Terkait pantai bertabur batu akik itu, hingga kini belum ada yang memberikan alasan muncul nya batu-batu indah itu.

Seperti dilansir dalam laman viva.co.id, untuk mencapai Pantai Ujuang Tanjuang bukan perjalanannya mudah dan singkat. Untuk sampai pantai itu dibutuhkan 10 jam dengan jalan darat dari Padang.

Sedangkan, jika ingin tiba lebih cepat, kebanyakan masyarakat menempuh jalur laut. Dengan menumpangi kapal nelayan, hanya dibutuhkan waktu sekitar lima jam saja dari Pelabuhan Panasahan di Kecamatan Painan, ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan.

Batu akik di pantai ini sangat jarang diambil orang, selain karena lokasinya jauh, konon pantai itu dihuni berbagai makhluk gaib, sehingga untuk mendapatkan batu akik di tempat itu hanyalah mereka yang benar-benar berniat baik dan ikhlas saja.

 

Dari beragam sumber.

About author

You might also like

Napak Tilas

Kecap Blitar Nomor Satu Di Dunia (2-tamat)

Tulisan ini merupakan tulisan wartawan senior Susanto Pudjomartono yang pernah dimuat di Majalah Gatra, 9 Juni 2001 :

Napak Tilas 0 Comments

Death Mask : Dari Firaun Hingga Napoleon

Kematian menghampiri semua orang tak terkecuali. Namun, kematian disikapi berbeda oleh setiap orang dan setiap kebudayaan. Di dunia Barat sendiri ada kebiasaan yang unik ketika seseorang meninggal. Terutama apabila yang

Artikel 0 Comments

Sejarah Asal Muasal Kampung Naga di Garut-Tasikmalaya.

Mungkin ada yang berpikir akan menemukan seekor naga ketika berwisata ke Kampung Naga. Penasaran dengan peradaban Kampung Naga?